Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Kisah , Nafsiyah , Sosok - Khalifah Umar bin Abdul Aziz: Menjaga Keutuhan dan Kemurnian Agama


kilafah.jpg (275×182)Upaya untuk menggrogoti ajaran islam memang telah lama terjadi, jauh sebelum munculnya orientalisme, liberalisme, dan penjajahan Barat-Sekuler, yang paling menonjol upaya itu tampak dalam pemalsuan hadist yang di lakukan orang zindik-orang yang membenci islam dan berusaha menghancurkan islam dari dalam dengan berkedok sebagai muslim. Upaya ini sebagian besar terkonsentrasi di Baghdad. Dalam hal ini Imam Az-Zuhri berkata: “Hadist keluar dari kami sejengkal dan kembali kepada kami dari Irak sehasta”. Imam Malik sendiri menyebut Baghdad sebagai pabrik hadist palsu.
Namun upaya itu dapat di gagalkan oleh para ulama ahli hadist dengan sokongan para penguasa yang shalih. Munculnya ulama sekaliber Imam al-Bukhari,Imam Muslim, Asshabus sunan ( Imam Abi Dawud, Imam at-Tarmidzi, Imam an-Nasaiy, Imam ibnu Majah, dll), mulanya tidak bisa di lepaskan dari kebijakan seorang khalifah Umar bin Abdul Aziz, walaupun mereka hidup jauh setelah masa sang khalifah. Kebijakan itu bisa di lihat dalam suratnya kepada para pejabat dan ulama di berbagai daerah (akhir 100 H). di antaranya surat yang di kirim ke Gubernur Madinah, Abu Bakar bin Muhammad Amr bin Hazm (w.117 H) yang berisi:
“Lihat dan periksalah hadist Rosulullah SAW, lalu tulislah, karena aku takut lenyapnya ilmu, di sebabkan meninggalnya ulama, dan janganlah kamu terima selain hadist Rosulullah SAW serta hendaklah kamu sebarkan ilmu dan bentuklah majelis-majelis ilmu supaya orang yang tidak mengetahui dapat mengetahui, karena ilmu itu tidak akan lenyap kecuali di jadikan barang rahasia” (Ibnu hajar al-asqalani, Fathul Bari, juz 1, hal 190-195).
Sementara di antara ulama yang di beri surat oleh khalifah adalah Ibnu-Syihab az-Zuhri. Imam Ibnu-Syihab az-Zuhri sendiri, bukanlah ulama pertama yang melakukan penulisan hadist (kitabatul hadis). Hadist memang telah di tulis di masa Rosulullah SAW. Ada beberapa shahifah (kumpulan tulisan hadits) yang di tulis oleh beberapa sahabat seperti, Shahifah Abdullah bin ‘Amr bin ‘ash, Shahifah Ali bin Abi Thallib,Shahifah Amr bin Hazm,dll. Yang di lakukan oleh mereka adalah pembukuan hadits (tadwiinul hadis), sesuai dengan perintah kepala Negara.
Dalam riwayat lain Imam Baihaqi menuturkan bahwa ketika Umar bin Abdul Aziz memangku jabatan Khalifah, ia mengutus orang ke Madinah untuk mencari catatan Rasulullah SAW tentang zakat+ termasuk catatan milik Umar bin Khattab,utusannya menemukan catatan yang di sampaikan pada Amr bin Hazm tentang zakat. Selain itu, pada keluarga Umar di temukan catatannya yang juga menjelaskan masalah serupa, yang isinya seperti catatan Nabi SAW. Khilfah Umar bin Abdul Aziz memerintahkan untuk menyalin keduanya. (Al-Baihaqi, Al-sunnan Al-kubra, juz 4, hlm 91).
Sikap ini menunjukan keseriusan  Khilafah terhadap urusan agama, menjaganya agar tetap utuh dan terjauh dari hal-hal yang bukan bersumber darinya. Sikap seperti inilah yang di wariskan oleh pendahulunya Umar bin al-Khattab ketika memerintahkan Sa’ad bin Abi Waqash untuk membuang buku-buku filsafat Persia ke laut, dalam isi suratnya yang mashur:“ithrohuuhaa fil maa-I, fa in yakun fiihaa hudan,faqad hadaanallahu ta’aala bimaa ahdaa minhu,wa in yakun dhalaalan, faqad kafaanallahu ta’aala” (jika di dalamnya terdapat petunjuk, sesungguhnya Allah SWT telah memberikan kepada kita petunjuk yang lebih baik darinya, dan jika di dalamnya terdapat kesesatan maka Allah SWT telah mencukupkan kita (hanya daengan petunjuk-nya) (Muqaddimah Ibnu Khaldun, juz 2, hal 172).[khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]
Title: Khalifah Umar bin Abdul Aziz: Menjaga Keutuhan dan Kemurnian Agama
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-05-30T08:44:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Khalifah Umar bin Abdul Aziz: Menjaga Keutuhan dan Kemurnian Agama
Tags: Kisah , Nafsiyah , Sosok

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global