Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Internasional , Kristologi , Salibis - Pemimpin Vatikan Paus Benediktus Ditimpa Skandal Korupsi


Pemimpin tertinggi umat Katholik Paus Benediktus menghadapi skandal korupsi dan kronisme yang menghantam tahta suci Vatikan.
Paus memerintahkan penyelidikan, yang dipimpin oleh polisi Vatikan bersama dengan komisi kardinal. Beberapa dokumen yang berisi tentang korupsi, salah urus, dan kronisme dalam pemberian kontrak bocor dan beredar di masyarakat Itali.
Hakim Vatikan resmi mendakwa pejabat dibawah Paus Benediktus dengan kepemilikan ilegal dokumen rahasia dan mengatakan penyelidikan yang lebih luas akan dilakukan untuk melihat apakah dipunya kaki tangan yang membantunya bocor mereka.
Paolo Gabriele, 46, seorang pejabat yang dekat dengan Paus Benediktus ditangkap pada hari Rabu, sebagai "terdakwa". Dikatakan penyelidikan awal telah ditingkatkan menjadi "penyelidikan formal," yang berarti ia telah resmi didakwa.
Kemudian, skandal itu dikenal sebagai "Vatileaks", melibatkan bocornya serangkaian dokumen ke media Italia pada Januari dan Februari, termasuk surat pribadi kepada Paus.
Beberapa dokumen yang terkait dengan tuduhan korupsi, salah urus dan kronisme dalam pemberian kontrak kepada orang-orang bekerja di Vatikan dan perselisihan internal pada manajemen bank Vatikan. Presiden bank Vatikan, Ettore Gotti Tedeschi, disingkirkan oleh Dewan Vatikan,  Kamis.
Juru bicara Vatikan mengatakan sebelumnya pada hari Jumat bahwa orang yang memiliki dokumen rahasia ditangkap. Tetapi mereka tidak bisa mengungkapkan posisinya atau identitas sampai mereka diberi izin oleh peneliti Vatikan.
Sumber Vatikan mengkonfirmasi laporan oleh media Italia bahwa orang yang ditangkap adalah seorang  pejabat penting Vatikan. "Semuanya sangat sedih," kata satu sumber senior Vatikan, mengomentari sebuah episode yang terbaru dalam serangkaian tindakan yang memalukan bagi Vatikan.
Paus Benediktus sebagai pemimpn umat Katolik, yang hidup di apartemen, yang merupakan Istana Apostolik, menyerahkan sejumlah data penting yang diperlukan guna melakukan penyelidikan kasus korupsi, salah urus, dan kronisme di Vatikan.
Sebagai anggota tim rumah tangga kepausan, ia mengetahui rahasia apa yang terjadi pada di kamar paling rahasia di Vatikan. Media Italia mengatakan penyelidik telah menemukan dokumen di apartemennya.
Paus sangat terkejut dan sedih dengan kebocoran, memerintahkan penyelidikan, termasuk satu dewan yang dipimpin oleh polisi Vatikan polisi bersama dengan komisi kardinal.
Dokumen bocor termasuk surat oleh Uskup Agung yang dikirim ke Washington setelah ia memberikan peringatan  pada apa yang ia lihat sebagai jaringan korupsi dan kronisme, memo yang menempatkan sejumlah kardinal dalam kondisi yang buruk, dan dokumen itu, menyatakan bahwa telah terjadi konflik internal terkait dengan Bank Vatikan.
Pada bulan Januari, telivisi Itali melakuan investigasi menyeiarkan surat-surat pribadi kepada Menteri Luar Negeri Kardinal Tarcisio Bertone dan Paus dari Uskup Agung Carlo Maria Vigano, mantan gubernur dan wakil Vatikan dan saat ini duta besar Takhta Suci di Washington.
Surat-surat menunjukkan bahwa Vigano dipindahkan setelah ia terlibat apa yang ia sebut sebagai jaringan korupsi, nepotisme dan kronisme terkait dengan pemberian kontrak kepada kontraktor Italia dengan nilai yang dilipatkan gandakan.
Dalam satu surat, Vigano menulis tentang kampanye kotor terhadap dirinya oleh pejabat Vatikan lainnya yang marah karena ia telah mengambil langkah-langkah drastis untuk membersihkan prosedur pembelian. 
Bertone menanggapi dengan memecat Vigano dari jabatannya tiga tahun sebelum akhir masa jabatannya dan mengirim dia ke Amerika Serikat.
Begitulah tahta suci Vatikan, yang tak luput dari korupsi, nepotisme, dan kronisme, serta berbagai skandal termasuk skandal sek. Sejatinya orang-orang suci itu, tidak suci dan terlibat berbagai skandal, yang menyeramkan. (af/khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]
Title: Pemimpin Vatikan Paus Benediktus Ditimpa Skandal Korupsi
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-06-04T12:59:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Pemimpin Vatikan Paus Benediktus Ditimpa Skandal Korupsi

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global