Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Kesehatan , Pendidikan Anak - Pola Makan Sehat bagi Anak Anda


khoirunnisa-syahidah.blogspot.com - Pola hidup sehat harus dilatih sejak dini, salah satunya dengan cermat mengatur pola makan. Tubuh sehat dapat meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan sang buah hati.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk mengatur pola makan sehat bagi si buyung.

1. Atur Jadwal Makan

Jadwal makan yang teratur tak hanya mengajarkan disiplin pada anak, juga membiasakan anak pada pola makan sehat. Ajarkan pentingnya sarapan agar konsentrasinya di sekolah tak terganggu rasa lapar.

Biasakan pula untuk makan malam bersama. Duduk bersama keluarga di meja makan sambil ngobrol santai, menciptakan suasana makan malam yang lebih hangat dan nyaman.

2. Sediakan Bekal

Membawa bekal dari rumah memiliki dua keuntungan tersendiri bagi Anda dan anak: menghemat uang saku dan terhindar dari jajanan di sekolah yang tidak terjamin kebersihannya.

3. Libatkan Anak

Berbelanja menjadi saat yang menyenangkan bagi anak. Anak dapat memilih sendiri makanan apa yang ingin mereka makan untuk makan malam atau sebagai bekal sekolah.

Berbelanja juga menjadi saat yang tepat untuk mengajarkan kepada anak bagaimana memilih makanan yang sehat dan bernutrisi. Bagi anak yang menjelang remaja, ajarkan pula caranya membaca label pada makanan, serta menghitung nilai kalori di dalamnya.

4. Siapkan yang Sehat, Buang yang Tak Perlu

Selalu jadikan dapur Anda sebagai gudang makanan sehat. Jangan biarkan kulkas kosong dari sayuran, buah-buahan, susu, jus buah, the herbal, air putih, dan cemilan gandum.

Singkirkan koleksi snack sarat kalori, minuman bersoda, atau kue-kue berlemak. Jangan biarkan anak melihatnya!

5. Buat Variasi Makanan

Anak benci makan sayur? Atur siasat baru dengan “menyembunyikan” sayuran di dalam masakan Anda. Jangan sampai anak tahu ada sayuran di dalamnya. Sekarang ini banyak dijual di pasaran, nugget sayuran dengan rasa yang sama dengan nugget ayam atau ikan.

Buat juga bekal makanan dengan bentuk-bentuk unik. Keluarkan kreativitas Anda dengan menghias masakan Anda menjadi bentuk binatang, tokoh kartun, atau benda-benda favoritnya.

6. Jangan Jadikan Meja Makan Sebagai Medan Perang

Biarkan anak memilih apa yang ingin ia makan. Jika anak sudah kenyang, jangan memaksanya untuk menghabiskan makanan sampai ludes.
Title: Pola Makan Sehat bagi Anak Anda
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-06-27T16:22:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Pola Makan Sehat bagi Anak Anda

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global