Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Indonesia , Korupsi - Al Quran pun Jadi Objek Korupsi


Al Quran pun Jadi Objek Korupsikhoirunnisa-syahidah.blogspot.com -  Pengadaan kitab suci itu disorot setelah Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan dugaan korupsi dalam penganggaran proyek pengadaan Al-Qur`an pada Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama tahun anggaran 2011 dan 2012. Dua orang ditetapkan sebagai tersangka, yaitu dari kalangan politisi/pejabat.
Mark up anggaran untuk pengadaan Al-Qur`an di Kementrian Agama sangat mencengangkan. Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) mencatat ada penggelembungan anggaran sekitar Rp 17,5 miliar.
“APBN murni pada 2011 itu Rp.4,5 miliar. APBN perubahannya naik anggarannya sampai Rp.22 miliar”, kata Koordinator Investigasi dan Advokasi FITRA, Ucok Sky Khadafi saat dihubungi Okezone, Selasa (3/7/2012).
Benar-benar memalukan yang terjadi di negeri ini Al-Qur`an saja dijadikan objek korupsi, Al-Qur`an adalah kitab suci bagi umat Islam. Umat Islam benar-benar malu, marah dan sangat kecewa. Ironisnya orang Islam sendiri yang tega mengkorupsi dana pengadaan Al-Qur`an. Inilah akibat sistem kapitalis sekuler yang menghalalkan segala cara, tidak ada lagi halal haram, yang penting senang dapat duit. Para pejabat yang seharusnya menjadi teladan bagi rakyatnya, tidak bermoral melakukan korupsi.


Apa itu korupsi?  
Makna dan tipologi korupsi, Kata “korupsi” berasal dari bahasa Latin corruptio (Fockema Andreae: 1951) atau corruptus (Webster Student Dictionary: 1960). Secara harfiah, korupsi berarti kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidakjujuran, dapat disuap, tidak bermoral, dan penyimpangan dari kesucian. Meskipun kurang tepat, korupsi seringkali disamakan sengan suap (risywah), yakni sebagai “perangsang (seorang pejabat pemerintah) berdasarkan itikad buruk (seperti suapan) agar ia melakukan pelanggaran kewajibannya (abuse of power)”. Suapan sendiri diartikan sebagai “hadiah, penghargaan, pemberian atau keistimewaan yang dianugerahkan atau dijanjikan dengan tujuan merusak pertimbangan atau tingkah laku, terutama dari seorang dalam kedudukan terpercaya (sebagai pejabat pemerintah).”


Sesungguhnya apa yang menjadi penyebab korupsi terus terjadi ?
Bicara tentang Korupsi hampir-hampir saja kita merasa frustasi. Mengapa? karena ada anggapan korupsi mustahil untuk dihilangkan dari negeri ini, karena sangat sukar diberantas. Korupsi sudah terjadi di berbagai lini kehidupan, ini terjadi karena sistem yang diterapkan kondusif untuk melakukan korupsi. Berbagai upaya telah dilakukan baik dengan membentuk KPK sebagai Lembaga yang fungsinya untuk memberantas korupsi maupun perangkat – perangkat hukum lainnya di negara ini. Namun hasilnya sampai detik ini bangsa ini masih bertengger di papan atas sebagai negara terkorup. Jadi wajar saja muncul sikap-sikap pesimistis dan apatis dalam penyelesaian masalah korupsi tertuntaskan.
Transaksi politik dan lemahnya penegakkan hukum (lemahnya hukuman bagi koruptor) memberikan andil yang besar atas ketidaktuntasan masalah korupsi di negeri ini. Sehingga menambah carut marutnya kehidupan berbangsa dan bernegara. Bangsa ini menjadi kehilangan arah dan limbung karena lemahnya gaya kepemimpinan yang seharusnya menjadi panglima yang hebat untuk menyelesaikan masalah-masalah besar di negara ini.
Lemahnya moral manusia saat ini yang dengan mudah tergiur oleh hal-hal yang sifatnya duniawi. Padahal pelaku korupsi ini menyadari bahwa hal yang diperbuatnya ini adalah melanggar norma-norma agama (hukum syara’) dan memiliki konsekuensi sanksi azab yang keras di kehidupan kelak. Namun karena lemahnya iman dan moral, menjadi penyebab dorongan untuk melakukan perbuatan yang tercela ini begitu kuat. Oleh karenanya perlu adanya kesadaran yang tinggi untuk memikul tanggung jawab serta turut berpartisipasi dalam kontrol sosial dan politik.
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. (QS. Al-Hadid; 20)
Sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh ayat di atas bahwa sesungguhnya dunia itu adalah kesenangan menipu sudah banyak sekali diketahui dan dipahami oleh umat manusia. Namun mengapa kecenderungan akan godaan duniawi dan perilaku-perilaku untuk berbuat korup masih terjadi bahkan malah semakin meningkat? Dalam Al-Qur’an dijelaskan;
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (Qs. Ali Imran (14)
Peluang melakukan korupsi ada di setiap tempat, pekerjaan ataupun tugas, terutama yang diistilahkan dengan tempat-tempat “basah”. Untuk itu, setiap muslim harus selalu berhati-hati, manakala mendapatkan tugas-tugas. Dengan mengetahui pintu-pintu ini, semoga kita selalu waspada dan tidak tergoda, sehingga nantinya mampu menjaga amanah yang menjadi tanggung jawab kita.


Solusinya ?
Pandangan dan sikap Islam terhadap korupsi sangat tegas: haram dan dilarang. Banyak argumen mengapa korupsi dilarang keras dalam Islam. Selain karena secara prinsip bertentangan dengan misi sosial Islam yang ingin menegakkan keadilan sosial dan kemaslahatan semesta (iqâmat al-’adâlah a-lijtimâ’iyyah wa al-mashlahat al-’âmmah), korupsi juga dinilai sebagai tindakan pengkhianatan dari amanat yang diterima dan pengrusakan yang serius terhadap bangunan sistem yang akuntabel. Oleh karena itu, baik Al-Qur`an, al-Hadits maupun ijmâ’ al-’ulamâ menunjukkan pelarangannya secara tegas (sharih).
Memberantas korupsi satu persatu dalam sistem sekuler-kapitalis-demokratis saat ini begitu sulit, karena sudah mengakar dan terjadi di berbagai lini kehidupan. Solusi menghilangkan korupsi adalah mengganti sistem kapitalis sekuler, menanamkan nilai-nilai keimanan pada tiap individu, menegakkan hukum yang tegas dan keras bagi koruptor, agar koruptor jera.
Membangun jiwa/individu untuk selalu dekat kepada Allah. Karena manusia yang selalu dekat dengan Allah, maka akan selalu berusaha menjauhkan diri dari hal-hal yang dibenci oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Selanjutnya jangan kita bicara tentang keselamatan jika kita tidak berani untuk berkorban untuk menjauhi hawa nafsu. Oleh karena itu perlu dibangun jiwa sehingga terbangun kesadaran yang tinggi yang di dalamnya ada aktivitas dalam menjaga akal supaya selalu terpelihara dari pengaruh dunia dan selalu lurus kepada Allah.
Akhirnya, kelemahan moral yang menjadi salah satu faktor yang dominan dalam perilaku-perilaku korupsi cara mengatasinya adalah dengan cara mengikuti kembali pada ajaran agama dan diterapkan dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa itu sepertinya sulit. Dalam skala nasional, pemimpin negeri ini harus mampu menciptakan karakter beragama pada rakyatnya dan sebagai teladan serta panglima bagi pemberantasan korupsi bukan malah sebagai pelaku atau bagian dari konsipirasi korupsi. Jika hal ini tidak dilakukan maka sulit bagi negeri ini melepaskan diri dari korupsi.
Mari kita selalu optimis dan berjuang untuk kebaikan negeri ini dan berdoa agar negeri ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang amanah layaknya para Khalifah ‘ala Minhajin Nubuwwah.
Kontributor: Ummu Ghiyas Faris
(zafaran/muslimahzone/khoirunnisa-syahidah.blogspot.com)
Title: Al Quran pun Jadi Objek Korupsi
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-07-19T12:50:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Al Quran pun Jadi Objek Korupsi
Tags: Indonesia , Korupsi

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global