Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Anti Islam , Internasional - Suu Kyi Tak Berkomitmen Lindugi Muslim Rohingya

http://img.okeinfo.net/content/2012/07/27/411/669490/FiEoYgRVqq.jpgkhoirunnisa-syahidah.blogspot.com - LONDON - Aktivis HAM yang selama ini mendukung tokoh pro-demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi, berbalik arah dan menyerang Suu Kyi dalam isu pembantaian warga Muslim Rohingya. Selama ini Suu Kyi selalu diam dalam menanggapi isu tersebut.

Saat Suu Kyi duduk menjadi anggota parlemen, Suu Kyi tidak pernah mengkritisi Presiden Thein Sein yang memberlakukan kebijakan keras terhadap warga Muslim Rohingya di Negara Bagian Arakan. Thein Sein sebelumnya mengatakan bahwa 800 ribu warga Rohingya harus ditempatkan di kamp atau dideportasi.

"Dia (Suu Kyi) berada di posisi yang sulit, warga sudah sangat kecewa karena dia tidak vokal dalam isu ini," ujar Direktur Eksekutif Kampanye Burma Anna Roberts, seperti dikutip PTI, Jumat (27/7/2012).

Pada pidatonya di depan parlemen, Suu Kyi mengutarakan pentingnya perlindungan hak minoritas bagi warga etnis Karen dan Shan. Beberapa akademisi pun mengklaim, pada dasarnya Suu Kyi tidak pernah mengutarakan komitmennya untuk melindungi etnis minoritas Rohingya.

"Salah satu yang mencurigakan adalah pandangan Suu Kyi. Sulit untuk mengetahui, apa yang ada di benaknya," ujar Direktur Human Right Watch (HRW) Asia Brad Adams.

Ketika Suu Kyi diberikan pertanyaan mengenai penanganan warga Rohingya, Suu Kyi hanya menyebutkan perlunya "aturan hukum" atau hukum imigrasi yang jelas. Dari pernyataan itu, Suu Kyi sama saja dengan memandang warga Muslim di Arakan sebagai imigran di Myanmar.

Sejak tahun 1982, kewarganegaraan warga Muslim berkulit gelap itu dilucuti oleh Pemerintah Myanmar. Mereka pun dianggap sebagai kelompok minoritas yang tidak diakui sama sekali.

Ketika Partai Liga Nasional untuk Demokrasi yang dipimpin Suu Kyi memenangkan pemilu 2015, sejumlah pengamat memprediksikan, bila Suu Kyi mendukung warga Muslim, Suu Kyi akan mendapat masalah. Namun HRW mengingatkan kembali, isu Rohingya di Myanmar merupakan isu yang membutuhkan sebuah ketegasan.(AUL)

[khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]
Title: Suu Kyi Tak Berkomitmen Lindugi Muslim Rohingya
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-07-30T06:14:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Suu Kyi Tak Berkomitmen Lindugi Muslim Rohingya

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global