Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Kesehatan , Tips - Makan Dua Butir Apel Sehari Cegah Wanita Dari Penyakit Jantung


Makan Dua Butir Apel Sehari Cegah Wanita Dari Penyakit JantungBeragam khasiat nutrisi buah apel telah diungkap oleh para peneliti. Mulai dari kandungan vitamin, mineral hingga seratnya. Yang menjadi fokus perhatian adalah khasiat buah yang wangi, renyah, dan juicy ini untuk pencegahan penyakit jantung.
Para ilmuwan menemukan bahwa apel dapat secara signifikan menurunkan kadar lemak dalam darah pada wanita menopause. Kelompok wanita ini yang paling beresiko terkena serangan jantung dan stroke. Makan buah setiap hari selama 6 bulan dapat menurunkan kolestrol hampir 25%.
Penurunan terbesar terlihat pada kolesterol jahat (LDL) yang mengendap pada arteri dan juga menimbulkan pembekuan darah dekat hati dan jantung. Temuan tim peneliti di Florida State University, Amerika Serikat, mendukung bukti sebelumnya bahwa apel baik untuk jantung.
Penelitian terbaru menunjukkan mereka yang berisiko mendapatkan keuntungan terbesar.
Sampai usia menopause, wanita tampaknya memiliki kekebalan alami terhadap penyakit jantung dan hanya sepertiga yang terkena penyakit tersebut. Tetapi dari usia sekitar 50 tahun ke atas, jumlah penderita penyakit jantung meningkat tajam.
Penelitian terhadap dampak makan dua butir apel ini melibatkan 160 orang wanita menopause. Sebanyak 80 orang wanita diminta makan apel kering sebanyak 75 gram, setara dengan dua buah apel segar berukuran sedang. Sementara 80 orang lainnya memakan 75 gram buah plum sehari untuk melihat apakah apel dan plum memiliki efek yang sama.
Setiap responden menjalani tes darah setiap tiga bulan selama satu tahun. Hasil penelitian yang sudah dipublikasikan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan bahwa setelah tiga bulan, total kadar kolesteror pada kelompok yang mengkonsumsi apel menurun sebanyak 9% dan kolesterol LDL sebesar 16%.
Setelah 6 bulan, total kolesterol menurun hingga 13% dan kadar LDL menurun sebesar 24%. Tidak ada penurunan lebih lanjut dalam 6 bulan kemudian. Seperti dilansir Daily Mail, dalam laporannya, para peneliti mengatakan: “Konsumsi 2 buah apel berukuran sedang dapat secara signifikan menurunkan kadar kolesterol dalam waktu tiga bulan.” Warga Inggris mengkonsumsi apel hampir 500.000 ton per tahun.
Pada tahun 2009, sebuah penelitian di Polandia mengungkapkan bahwa konsumsi dua buah apel sehari dapat menurunkan setengah dari risiko kanker usus pada orang dewasa. (detik/

[khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]
Title: Makan Dua Butir Apel Sehari Cegah Wanita Dari Penyakit Jantung
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-08-29T14:32:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Makan Dua Butir Apel Sehari Cegah Wanita Dari Penyakit Jantung
Tags: Kesehatan , Tips

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global