Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Indonesia , Korupsi - Di KPK Ada yang Takut Skandal Century ke Pengadilan

khoirunnisa-syahidah.blogspot.com - Jakarta – : Banyak pihak di internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang khawatir kalau kasus bailout Bank Century sampai diajukan ke pengadilan. Sebab, kalau kasus skandal mega korupsi tersebut sampai maju ke pengadilan, maka pimpinan KPK jilid II bisa dimintai pertanggung-jawaban karena dikategorikan menghalangi-halangi penyidikan. Hal itu dilontarkan oleh anggota Timwas Kasus Century DPR, Ahmad Yani.
“Saya kira banyak orang khawatir dengan kasus Century termasuk di dalam KPK sendiri. Banyak yang khawatir kalau kasus ini maju, karena pimpinan KPK jilid II bisa dimintai pertanggung-jawaban. Mereka bisa dikategorikan sebagai abstraksi justice atau menghalang-halangi penyidikan, karena (penanganan Century) ini molor,” ujar Ahmad Yani seperti dikutip inilah.com, di Jakarta, Rabu (20/9/2012).
Dia khawatir munculnya kriminalisasi terhadap pihak-pihak yang kembali membongkar kasus Century akan terjadi lagi agar kasus ini tidak maju ke pengadilan.
“Potensi kriminalisasi bisa, dan berpotensi terjadi pada orang yang keras dan tegas. Bisa saja menimpa saya. Bisa saja saya dicari-cari juga kesalahannya. Bisa disalahkan, di skenariokan, dibuat-buat fakta hukum. Cara intelijen seperti itu bisa saja,” tandas Yani.
Kasus skandal mega korupsi Bank Century kini kembali menjadi sorotan publik berawal dari testimoni mantan Ketua KPK Antasari Azhar yang menyebutkan Presiden Susilo Bambang Yudhono (SBY) adalah yang memimpin rapat pembahasan bailout Bank Century di Istama pada Oktober 2008. Testimoni ini mengejutkan masyarakat sehingga SBY melakukan klarifikasi. Dia menjelaskan bahwa rapat tersebut tidak membahas Bank Century melainkan penanganan masalah ekonomi secara keseluruhan akibat krisis global.
Atas testimoni itulah, Timwas Century DPR memanggil Antasari Azhar. Dalam rapat ini, Antasari sejalan dengan SBY bahwa dalam rapat itu tidak sedikitpun menyinggung Bank Century.
Namun, publik kembali terbelalak dan terkejut setelah mantan Wapres Jusuf Kalla dihadirkan dalam rapat Timwas Century DPR. Sebab, dalam rapat ini JK kembali mengungkapkan bahwa kasus Bank Century adalah “perampokan” dan dia telah memerintahkan agar dilakukan penangkapan terhadap pelakunya.
Bahkan, JK mengungkapkan bahwa bailout Bank Century dilakukan melalui operasi senyap. Menyusul keterangan JK ini, KPK juga dihadirkan ke Timwas Century untuk menanyakan tindak lanjut penanganannya. Sebab, masa tugas Timwas Century akan berakhir pada 2012 ini.
Menurut Ketua KPK Abraham Samad, pihaknya segera meningkatkan kasus bailout Bank Century dari penyelidikan ke penyidikan.
Atas dasar itulah, Yani khawatir terjadinya kriminaliasi terhadap pihak-pihak yang akan membongkar kasus ini agar tidak maju ke pengadilan. Sebagai contoh, mantan Ketua KPK Antasari Azhar, mantan Kabareskrim Mabes Polri Susno Duadji, dan mantan inisiator Pansus Century yang juga politikus PKS M.Misbakhun, kata Yani, adalah korban kriminaliasi tersebut sampai ketiganya masuk penjara. Susno Duadji dan Misbakhun akhirnya dibebaskan, namun Antasari sampai kini masih harus mendekam di penjara setelah divonis hukuman kurungan 18 tahun atas dakwaan bertindak sebagai perencana pembunuhan terhadap Nasrudin Zulkarnaen dan dijaring dengan Pasal 55 ayat (1) KUHP.
“Orang-orang tersebut telah dikriminalisasi karena vokal dan siap membongkar kasus Century,” ujar Yani.
Anggota Komisi III DPR ini meyakini ada pihak-pihak yang berupaya mendesain kriminalisasi tersebut namun dia enggan memberitahukannya. “Orang yang tidak mau terungkap kasus ini secara terang benderang. Orang yang tidak mau kasus ini terbuka dan memiliki akses kekuasaan tentunya. Ini harus segera dihentikan,” tegas Yani. [KbrNet/adl/khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]
Title: Di KPK Ada yang Takut Skandal Century ke Pengadilan
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-09-23T13:07:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Di KPK Ada yang Takut Skandal Century ke Pengadilan
Tags: Indonesia , Korupsi

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global