Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Indonesia - Jika Tak Ada Kenaikan, Subsidi Listrik Bisa Bengkak Hingga Rp92 Triliun


khoirunnisa-syahidah.blogspot.com -  JAKARTA, -Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jarman, mengatakan rencana kenaikan tarif listrik sebesar 15 persen tahun depan bisa menghemat Rp 12 triliun. Menurutnya, jika tidak ada kenaikan tarif listrik tahun depan, nilai subsidi bisa membengkak menjadi Rp 92 triliun. 
Dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2013, pemerintah mengajukan subsidi listrik sebesar Rp 80,9 triliun dengan mempertimbangkan kenaikan tarif.
"Kalau tidak dinaikkan, berarti subsidi menjadi sekitar Rp 92 triliun," kata Jarman di sela halalbihalal Kementerian ESDM di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2012.
Jarman menyatakan saat ini pemerintah masih mengkaji golongan pelanggan yang dikenai kenaikan tarif. Pemerintah juga akan menyederhanakan pengelompokan pelanggan listrik terlebih dahulu.
"Sekarang ada 36 kelompok, itu akan disederhanakan menjadi sekitar 20. Bagaimana bentuk pengelompokannya harus dilaporkan dulu ke DPR," kata Jarman.
Jarman menyatakan tarif tenaga listrik akan dinaikkan sekitar 4,3 persen setiap triwulan. Dengan demikian, maka kenaikan tarif listrik sepanjang 2013 mencapai 15 persen. 
Dalam RAPBN 2013, pemerintah mengalokasikan subsidi energi sebesar Rp 80,93 triliun dengan memperhitungkan kenaikan tarif tenaga listrik. Pertumbuhan penjualan listrik dalam RAPBN 2013 diperkirakan sebesar 9 persen dengan penjualan 182,3 terawatthour.[ach/Tmp/khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]
Title: Jika Tak Ada Kenaikan, Subsidi Listrik Bisa Bengkak Hingga Rp92 Triliun
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-09-06T16:50:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Jika Tak Ada Kenaikan, Subsidi Listrik Bisa Bengkak Hingga Rp92 Triliun
Tags: Indonesia

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global