Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Amerika , Internasional - Suu Kyi Jelaskan pada China tentang pertemanan Burma dengan AS !


khoirunnisa-syahidah.blogspot.com - WASHINGTON, -- Hubungan yang menghangat antara Myanmar dan Amerika Serikat tidak akan merugikan China, demikian hal yang disampaikan tokoh oposisi Myanmar, Aung San Suu Kyi, Selasa, dalam upayanya meyakinkan China.
Suu Kyi juga mengisyaratkan bahwa ia terbuka bagi diakhirinya sanksi-sanksi AS terhadap negaranya, lapor AFP.
Dalam pernyataan penting pertama yang ia sampaikan dalam kunjungan bersejarahnya di Amerika Serikat, penerima penghargaan Nobel Perdamaian itu mengatakan ia tidak ingin hubungan AS dengan Myanmar terlihat "berbahaya" oleh China, yang selama ini menjadi sekutu utama bekas junta negaranya.
Suu Kyi, yang berbicara di Institute of Peace and Asia Society Amerika Serikat, mengatakan adalah pertanyaan yang alami apakah AS sedang memusatkan perhatian kepada Myanmar sebagai upaya untuk menahan pengaruh China.
Ia mengatakan, "Bukan berarti bahwa karena Amerika Serikat berhubungan dengan Burma (Myanmar, red) lalu ini dilihat sebagai langkah membahayakan bagi China."
"Kita dapat menggunakan keadaan baru kita ini untuk memperkuat hubungan di antara ketiga negara," kata Suu Kyi.
"Untuk mudahnya bagi kita, merupakan keuntungan bagi Amerika Serikat dan China untuk membentuk hubungan yang bersahabat. Ini akan sangat membantu kita," katanya.
Suu Kyi juga mengisyaratkan bahwa ia menginginkan AS mengakhiri sanksi terhadap Myanmar.
"Menurut saya, kita tidak perlu berpegang pada sanksi-sanksi yang tak perlu," katanya.
"Kami harus membangun sendiri demokrasi kami dan kami menginginkan hubungan AS-Burma didasarkan secara tegas atas kesadaran tentang perlunya rakyat kami bertanggung jawab terhadap nasib kami sendiri," ujarnya.
AS telah melonggarkan sanksi-sanksi yang dijatuhkannya kepada Myanmar dengan harapan hal itu dapat mendorong reformasi.
Pada bulan Juli, AS juga mencabut berbagai pembatasan di sebagian besar investasi AS kendati Suu Kyi sebelumnya memperingatkan tentang berbisnis dengan perusahaan migas milik negara, yang mendapat kritik luas karena catatan buruk menyangkut tenaga kerja.
Suu Kyi mengatakan bahwa Presiden Thein Sein, yang akan berkunjung ke AS pekan depan, bersikap tulus tentang perubahan.
Namun, ia memperingatkan bahwa lembaga peradilan merupakan "senjata paling lemah" dalam gerakan menuju reformasi di Myanmar.  (Wrh/Ant/khoirunnisa-syahidah.blogspot.com)
Title: Suu Kyi Jelaskan pada China tentang pertemanan Burma dengan AS !
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-09-21T12:56:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Suu Kyi Jelaskan pada China tentang pertemanan Burma dengan AS !

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global