Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Indonesia - Tarif Listrik Bakal Naik 15 % Untuk Industri

khoirunnisa-syahidah.blogspot.com - JAKARTA,  – Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya menyetujui usulan pemerintah untuk menaikkan tarif tenaga listrik (TTL) sebesar 15% tahun depan. Kenaikan akan diberlakukan bagi pelanggan di atas 900 volt ampere (VA) dan industri demi menahan laju subsidi sektor ketenagalistrikan. Dalam rapat kerja antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan DPR tadi malam, Komisi VII menyetujui usulan subsidi sektor kelistrikan sebesar Rp 78,63 triliun.
” Kenaikan TTL untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan rasio elektrifikasi serta tidak membebani rakyat kecil yaitu para pelanggan listrik 450 VA dan 900 VA,” ujar Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana saat membacakan kesimpulan rapat kerja di Gedung DPR/MPR, Jakarta, tadi malam. Menteri ESDM Jero Wacik menegaskan, kenaikan TTL tidak diberlakukan bagi pelanggan rumah tangga golongan 450 VA dan 900 VA. Dengan demikian, beban subsidi bagi kedua kelompok pelanggan itu akan ditanggung oleh kelompok pelanggan yang lain.
Khusus industri, Jero Wacik mengakui, golongan pelanggan ini meminta agar TTL tidak naik. Namun, Kementerian ESDM memastikan kenaikan TTL tahun depan tidak terelakkan sehingga rencana tersebut sudah dibicarakan bersama dengan Kementerian Perindustrian. Dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR tersebut,Menteri ESDM tak henti-hentinya memohon agar Dewan menyetujui rencana kenaikan TTL. Dia beralasan, jika usulan kenaikan tidak dipenuhi, terdapat sekitar 2,9 juta masyarakat calon pelanggan rumah tangga sederhana tidak akan teraliri listrik.
“ Saya yakin (kenaikan TTL) tidak akan memberatkan. Justru lebih terasa kalau beli pulsa daripada kenaikan tarif listrik,” ujarnya. Dia mengungkapkan, dari 2,9 juta calon pelanggan rumah tangga dimaksud,sebanyak 1,3 juta di antaranya merupakan calon pelanggan 450 VA dan 1,07 juta calon pelanggan golongan 900 VA. Pemerintah akan mengatur mekanisme kenaikan TTL tahun depan.Opsi yang dipertimbangkan adalah kenaikan bertahap per triwulan sebesar 4,3% atau tiap bulan 1,5%.
“ Sedikit-sedikit begini tidak terlalu terasa,” katanya. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman menuturkan, TTL di Indonesia masih terendah se-ASEAN. Kenaikan TTL merupakan upaya mengurangi besarnya subsidi listrik tahun depan.“Jika tidak naik,subsidi listrik akan mencapai Rp 93,52 triliun,” ucapnya.
Sementara itu, Fraksi PDIP menyatakan belum bisa menerima usulan dari pemerintah yang akan menaikkan TTL meskipun Komisi VII sudah menyetujui rencana tersebut. Atas ketidaksetujuan itu, Fraksi PDIP memberikan catatan terhadap kesimpulan Komisi VII, yaitu mengusulkan untuk menunda kenaikan TTL. Selain itu mereka mengusulkan agar dalam kesimpulan itu digunakan kata “kenaikan”, bukan “penyesuaian”.   [mrheal/Ant/
khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]
Title: Tarif Listrik Bakal Naik 15 % Untuk Industri
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-09-18T09:35:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Tarif Listrik Bakal Naik 15 % Untuk Industri
Tags: Indonesia

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global