Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Demokrasi , Indonesia - Gories Mere: Pecandu Narkoba Bukan Lagi Kriminal


khoirunnisa-syahidah.blogspot.com -  JAKARTA-Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Gories Mere, mengungkapkan, pecandu narkoba di negara-negara maju sudah tidak dimasukkan ke dalam pasal pidana kriminal. Pecandu narkoba merupakan korban dari suatu penyakit yang harus direhabilitasi.
"Pecandu narkoba seperti orang yang terkena penyakit lainnya. Mereka harus diobati tetapi menggunakan cara yang khusus," katanya di Hotel Pullman, Jakarta Barat, Kamis (4/10/2012).
Gories mengatakan, BNN telah melakukan studi banding ke negara Portugal untuk mengetahui cara menindak pecandu narkoba di negara tersebut. Di Portugal, pecandu narkoba akan dikenakan sanksi ketika tertangkap tangan menggunakan narkoba. Sanksi pertama dengan merehabilitasi penyalahguna tersebut. Sanksi kedua, menjadi pekerja sosial seperti memungut sampah di sekitar kota. Sanksi ketiga, terkena pinalti dengan membayar denda sejumlah uang.
Di Indonesia, kata Gories, pada UU Narkotika No.22 Tahun 1997 menyebutkan, pengguna narkoba merupakan perilaku kriminal dan mendapatkan hukuman penjara. Setelah melakukan survei di negara-negara besar, pemerintah memperbarui UU No. 2009 Tentang Narkotika, penyalahgunaan narkoba tidak mendapatkan vonis penjara, namun berhak untuk mendapatkan rehabilitasi baik medis maupun sosial.
Gories mengungkapkan, di Indonesia, jika penyalahguna obat terlarang tertangkap membawa obat-obatan terlarang sebagai pecandu (bukan pengedar), pihak kepolisian akan menyerahkan pengguna tersebut ke BNN untuk mendapatkan rehabilitasi dan wajib lapor. Ketentuan ini berlaku sampai dua kali.
Gories mengatakan, jika penyalahguna tertangkap membawa obat terlarang untuk ketigakalinya, maka ia bisa dipidanakan dengan menjalankan sidang. Hasil sidang tersebut berupa hukuman rehabilitasi, hanya saja lama waktu rehabilitasi ditentukan oleh hakim sidang.
"Misalnya hakim putuskan satu tahun atau dua tahun rehabilitasi, penyalahhguna harus mengikuti putusan hakim tersebut," katanya.
Melalui simposium tentang kebijakan diversi bagi pecandu ini, BNN ingin mencari formula penentuan sanksi terbaik bagi para pecandu Narkoba. [ach/KCM/khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]
Title: Gories Mere: Pecandu Narkoba Bukan Lagi Kriminal
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-10-11T16:37:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Gories Mere: Pecandu Narkoba Bukan Lagi Kriminal

Artikel Terkait

1 komentar

  1. Mungkin dengan NARKOBA, alam menyeleksi generasi terbaik untuk bangsa. mungkin kelak seseorang ber mental lemah(iman yang lemah), akan merusak bangsa. Indonesia membutuhkan generasi yang tanggung.mempunyai prinsip hidup. www.terapinarkoba.com

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global