Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Internasional - Sebuah Masjid di Nigeria Diberondong Tembakan, 21 Orang Tewas

khoirunnisa-syahidah.blogspot.com - KADUNA, -Sekelompok orang yang menyamar sebagai polisi memberondongkan tembakan ke arah umat Islam di sebuah msjid di Nigeria utara, Minggu, menewaskan sedikitnya 21 orang, kata sejumlah pejabat dan warga.
Militer dan penduduk setempat mengatakan, serangan menjelang fajar di desa Dogon Dawa di negara bagian Kaduna itu dilakukan oleh perampok bersenjata yang terlibat dalam perselisihan dengan kelompok penjaga lokal.
Gerombolan perampok itu, yang dihalau oleh kelompok milisi masyarakat tersebut pekan lalu, datang lagi Minggu dan menyerang masjid itu ketika warga bersiap-siap melaksanakan sholat Subuh, menewaskan sejumlah orang di dalam dan luar tempat ibadah itu.
"Kami menemukan 21 korban tewas. Beberapa orang yang terluka dibawa ke rumah sakit," kata Musa Illela dari Badan Penanganan Darurat Nasional di Kaduna..
Kaduna, yang memiliki penduduk dengan beragam agama, dilanda gelombang kekerasan sektarian dalam beberapa bulan ini.
Serangan-serangan bom bunuh diri di tiga gereja pada Juni yang diklaim oleh kelompok militan Boko Haram menyulut gelombang pembalasan oleh warga Kristen yang membunuh puluhan muslim. Kelompok muslim juga menyerang dan membunuh beberapa orang Kristen.
Boko Haram, yang disalahkan atas kematian lebih dari 1.400 orang di Nigeria sejak 2010, berulang kali menyerang negara bagian Kaduna dan sejumlah ulama yang mereka tuduh tidak mendukung penafsiran Islam versi mereka.
Namun, juru bicara militer Kolonel Sani Usman mengatakan kepada AFP, penembakan Minggu itu merupakan kasus perampokan bersenjata dan menyebutnya sebagai serangan pembalasan terkait persaingan antara perampok dan kelompok penjaga lokal.
Kekerasan meningkat di Nigeria sejak serangan-serangan menewaskan puluhan orang selama perayaan Natal 2011 yang diklaim oleh kelompok muslim garis keras Boko Haram.
Kano, kota berpenduduk sekitar 10 juta orang di Nigeria utara, merupakan wilayah yang terpukul paling parah dalam kekerasan itu.
Rangkaian pemboman dan penembakan melanda Kano setelah sholat Jumat (20/1), menewaskan 185 orang, dalam serangan-serangan yang diklaim oleh Boko Haram yang ditujukan pada markas polisi dan kantor-kantor polisi lain, sebuah bangunan kepolisian dan kantor imigrasi.
Penembakan juga terjadi di sejumlah daerah kota itu, yang sejauh ini luput dari kekerasan terburuk selama beberapa bulan ini yang dituduhkan pada kelompok muslim garis keras tersebut.
Satu sumber kepolisian Nigeria mengatakan kepada AFP, Kamis (26/1), sekitar 200 orang ditangkap setelah serangan itu.
Serangan-serangan itu merupakan operasi paling mematikan oleh kelompok tersebut dan ditujukan terutama pada kantor polisi.
Boko Haram mengklaim puluhan serangan di Nigeria, termasuk pemboman bunuh diri pada Agustus di markas PBB di Abuja yang menewaskan sedikitnya 24 orang.
Serangkaian serangan bom di kota Jos, Nigeria tengah, pada Malam Natal 2010 juga diklaim oleh Boko Haram.
Boko Haram meluncurkan aksi kekerasan pada 2009 yang ditumpas secara brutal oleh militer yang menewaskan sekitar 800 orang dan menghancurkan masjid serta markas mereka di kota Maiduguri, Nigeria timurlaut.
Kelompok itu tidak aktif selama sekitar satu tahun dan kemudian muncul lagi pada 2010 dengan serangkaian pembunuhan.
Penduduk Nigeria yang berjumlah lebih dari 160 juta orang terpecah di wilayah utara yang sebagian besar Muslim dan wilayah selatan yang umumnya Kristen.[ach/ant./khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]
Title: Sebuah Masjid di Nigeria Diberondong Tembakan, 21 Orang Tewas
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-10-20T14:54:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Sebuah Masjid di Nigeria Diberondong Tembakan, 21 Orang Tewas

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global