Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Amerika , Internasional - Akibat Baday Sandy, Ekonomi AS Rugi Rp 192 Triliun

syahidah.web.id - NEW YORK,  - Meski belum ada perhitungan pasti, lembaga penaksir kerugian bencana alam EQECAT memperkirakan badai Sandy mengakibatkan kerugian ekonomi sebesar 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 192 triliun untuk kawasan pantai timur AS yang hancur akibat terjangan badai besar ini.
Namun, para pakar ekonomi memperkirakan angka yang lebih besar lagi, yaitu antara 30-50 miliar dollar AS. Kerugian sebesar ini dampaknya sangat terasa terhadap pertumbuhan ekonomi AS di kuartal keempat ini.
"Tutupnya kawasan komersial di pesisir timur menyebabkan hilangnya GDP yang akan menambah kerugian infrastruktur," kata ekonom IHS Global Insight, Gregory Daco dan Niger Gault.
Sebagian besar pusat ekonomi penting di pantai timur AS hingga Selasa (30/10/2012) waktu setempat masih belum beroperasi kembali, termasuk pusat ekonomi dunia New York.
Sejumlah bank besar New York dan dua pusat penjualan saham terbesar di dunia Wall Street dan Nasdaq juga belum beroperasi setelah dua hari terakhir ini tutup. Dikabarkan Wall Street akan mulai kembali beroperasi Rabu (31/10/2012).
"Kami yakin bisa kembali beroperasi normal besok (Rabu)," kata Direktur Eksekutif Euronext di Bursa Efek New York, Duncan Niederauer.
"Gedung dan sistem kami tidak terganggu dan tim kami bekerja keras untuk memastikan pasar akan dibuka tanpa gangguan," tambah dia.
Sementara itu, layanan publik lainnya mulai dari bus, kereta bawah tanah, hingga pesawat terbang belum sepenuhnya beroperasi normal. Tak beroperasinya tansportasi publik selama dua hari ini memberikan dampak ekonomi dan sosial yang sangat besar.(yus/kc/www.syahidah.web.id)
Title: Akibat Baday Sandy, Ekonomi AS Rugi Rp 192 Triliun
Posted by:Yulia Nisa
Published :2012-11-16T11:34:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Akibat Baday Sandy, Ekonomi AS Rugi Rp 192 Triliun

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global