Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Internasional , Mualaf - Islam Berkembang Pesat di Meksiko

www.syahidah.web.id - MEXICO CITY, , - Dua dekade lalu, jika seorang  Muslim datang ke Meksiko maka dia akan kesulitan menemukan masjid. Kini fakta itu telah berubah.

"Ini (Islam) tumbuh dengan cepat, sangat cepat," kata Louahabi, seorang warga negara Maroko yang tiba di Mexico City pada tahun 1994, mengatakan kepada Fox News Latino, sebagaimana dilansironislam.net, 31 Juli.

Saat tahun 1994, Louahabi dan Muslim sesama lainnya biasa untuk menghadiri acara keagamaan di kedutaan Pakistan karena tidak ada masjid atau Islamic Center di ibukota Meksiko tersebut.

"Saya mulai mencari orang-orang Muslim dan masjid ketika saya pertama kali tiba," Louahabi, seorang guru bahasa Inggris, mengatakan kepada Fox News Latino.

"Saat itu, kami bertemu di kedutaan Pakistan, dan hanya ada sekitar 80 orang - sebagian besar dari kami adalah orang asing."

Saat ini, dia shalat bersama ratusan umat Islam lainnya, baik orang asing dan Meksiko, di tiga lantai sebuah Pusat Pendidikan Komunitas Muslim di daerah Anzures, kawasan yang dikenal dengan daerah kelas atas di Mexico City.

Melayani beragam komunitas Meksiko yang masuk Islam, ekspatriat, dan staf kedutaan, khutbah shalat Jumat di Islamic Center itu diberikan dalam bahasa Arab dan Spanyol. Jumlah mualaf juga cukup meningkat. Serangan 11 September dan internet adalah dua faktor kunci dalam peningkatan mualaf Muslim di Mexico City.

"Saya pikir Islam berkembang karena kebanyakan dari internet, dan apa yang terjadi pada tanggal 11 September," jelasnya.

"Orang-orang bangun, menggali dan mencari untuk melihat apakah kita benar-benar teroris."

"Kita  kebalikan dari apa yang media beritakan," tambahnya.

"Islam menentang terorisme."

Seorang mualaf Meksiko,  Alexander Huttanos, pilot pada sebuah maskapai penerbangan yang memiliki nama Islam, Ahmed Abbas, setuju.

"Saya menggunakan internet dan buku-buku untuk belajar tentang Islam," katanya.

"Islam telah datang dengan jalan yang panjang di Meksiko."

"Jalan Allah sangat misterius," kata Omar Remy, orang Meksiko yang memeluk Islam setelah kunjungan ke Mesir pada tahun 1979 dan sekarang bekerja di Islamic Center.

"Internet telah membantu. Hal ini memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan mencari tahu agama. "

Masyarakat yang beragam

Menurut penelitian yang berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir, Islam telah lama datang di Meksiko, bersamaan dengan kolonialisme Spanyol.

"Di seluruh Amerika Latin, bukan hanya Meksiko, Islam tiba bersamaan dengan kolonialisme Spanyol," kata Zidane Zeraoui al Awad, seorang profesor hubungan internasional di Institut Teknologi Monterrey.

Zeraoui menambahkan bahwa dulu banyak anak-anak imigran Muslim di Meksiko telah kehilangan agama mereka. Namun kini jumlah penganut Islam terus tumbuh karena banyaknya mualaf Meksiko.

"Di satu sisi, anak-anak (imigran) Muslim di Meksiko cenderung menjadi non-Muslim," katanya.

"Tapi Islam tumbuh melalui para mualaf. Mereka mengisi atas hilangnya Islam di kalangan orang-orang dengan asal-usul Muslim."

Di antara tokoh muslim yang paling menonjol dari komunitas Muslim Meksiko adalah pria kelahiran Inggris, Mark Omar Weston, mantan atlet ski air kelas dunia profesional  yang menjalankan Islamic Center dan hotel di negara bagian Morelos.

"Ada sedikit kesenjangan budaya antara imigran yang sudah datang sebagai Muslim dan telah mengambil agama mereka secara serius dan  mualaf Meksiko yang ingin tahu," kata Omar Weston.

"Tapi secara umum, remaja dan orang-orang berusai 20-an telah ada dan melihat bahwa ada pilihan lain," tambahnya.

"Saya berpikir bahwa pendidikan secara keseluruhan membantu orang menjadi lebih terbuka untuk itu (Islam)."

Perkiraan jumlah Muslim di Meksiko bervariasi.

Sementara pemerintah Meksiko menempatkan angka pada sekitar 3.700 Muslim di negara ini, lembaga tentang Agama dan Kehidupan Publik non-pemerintah yang berbasis di Washington, Pew Forum, memperkirakan terdapat sekitar 110.000 muslim di Mexico.

Terdapat harapan yang besar bahwa komunitas muslim di Mexico akan semakin besar.

"Ini akan terus tumbuh," Eduardo Luis Leajos Frias, seorang mualaf Meksiko yang memakai nama Islam Lukman Idris.

"Ini akan sebanding dengan pertumbuhan evangelis (penginjil) yang telah kita lihat dalam beberapa tahun terakhir." [ahr]
ket gambar: anak-anak muslim Meksiko belajar mengaji
Title: Islam Berkembang Pesat di Meksiko
Posted by:Hisyam Ad dien
Published :2013-08-02T19:37:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Islam Berkembang Pesat di Meksiko

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global