Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Dapur Muslimah Ideologis , Es , Resep - 5 Langkah Mudah Membuat Yogurt di Rumah

www.syahidah.web.id - Yogurt dikenal sebagai makanan kaya nutrisi dan berkhasiat menyehatkan usus. Namun, kita dapati yogurt-yogurt yang beredar di pasaran sudah ditambahkan banyak bahan makanan tambahan (zat aditif) seperti perisa sintetis, pewarna, pemanis buatan, pengental, zat  pengatur keasaman, dan lain-lain. Biasanya di pasaran, ketersediaan jenis yogurt yang tawar (plain) hanya seperempat dari keseluruhan varian yogurt yang tersedia. Selebihnya adalah varian-varian yogurt dengan beragam rasa-rasa  sintetis (buatan).
Dengan membuat yogurt sendiri di rumah, tentu kita dapat membuat yogurt yang lebih sehat dan dapat disesuaikan dengan selera keluarga. Pun kita inginkan yogurt dengan aneka rasa buah, kita dapat mencampurnya dengan buah-buahan asli yang tentu lebih segar dan sehat dibandingkan dengan perisa buah sintetis.
Berikut  5 langkah mudah membuat yogurt di rumah:
  1. Siapkan bahan dan alat yang diperlukan.
  • 1 liter susu
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan yogurt plain dengan live culture/active culture sebagai starter
  • Panci
  • Sendok logam
  • Termometer permen
  • Wadah bertutup
  • Kulkas
 a. Masukkan susu ke panci. Lalu, agar susu tak gosong, letakkan panci berisi susu ke atas panci lain yang berisi air yang sedang dipanaskan. Aduk sesekali dan panaskan hingga suhu 85 C, atau ketika susu mulai berbuih kecil. Jika Anda memakai susu UHT, langkah ini tak perlu dilakukan.
b. Setelah itu, rendam panci susu di baskom berisi air es hingga suhu 43 C. Aduk sekali- sekali agar suhu turun.
c. Biarkan starter mencapai suhu ruangan. Kemudian, tambahkan starter ke dalam susu dan blender agar rata. Tuangkan campuran ke dalam wadah, lalu tutup erat dengan tutupnya atau plastic wrap.
d. Jaga suhu yogurt tetap hangat, sekitar 38 C, dan letakkan di tempat yang stabil. Hal ini bisa dilakukan dengan merendam wadah di dalam baskom berisi air hangat, merendam wadah yogurt dalam panci yang dihangatkan dengan api kecil, atau membungkus wadah dengan kain hangat.
e. Setelah tujuh jam, Anda akan mendapati tekstur seperti custard, aroma mirip keju, dan mungkin juga cairan berwarna kehijauan di atasnya. Semakin lama didiamkan, semakin kental dan asam yogurt yang dihasilkan.
Mungkin, yogurt yang Anda buat terlihat lebih encer dibanding yogurt yang dijual di supermarket. Jangan kecewa, karena biasanya yogurt di pasaran memakai pengental seperti pektin, tepung, gum, atau gelatin. Kalau ingin lebih kental dan bernutrisi, Anda bisa menambahkan 1/4-1/2 cup susu bubuk tanpa lemak sebelum menambahkan starter. Anda juga bisa menyaring yogurt dengan cheesecloth atau kain kasa beberapa kali agar lebih kental.
 f. Simpan yogurt yang sudah jadi tersebut di dalam freezer. Untuk menyajikannya dapat ditambahkan potongan buah-buahan segar seperti mangga, pisang, atau stroberi sebagai topping. Dapat pula ditambahkan air perasan jeruk manis untuk mengurangi rasa asamnya. Penambahan buah-buahan segar ini tentunya akan memperkaya kandungan antioksidan, serat, dan nutrisi lain dari yogurt yang kita konsumsi.
Selamat mencoba!
Title: 5 Langkah Mudah Membuat Yogurt di Rumah
Posted by:Yulia Nisa
Published :2015-08-30T13:03:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
5 Langkah Mudah Membuat Yogurt di Rumah

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global