Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Tips - Adab Mandikan Bayi Baru Lahir Dengan Cara Betul

https://www.muslimahzone.com/assets/2015/08/memandikan-bayi.jpgwww.syahidah.web.id - Bayi baru lahir adalah khalifah Allah yang baru memandang dunia setelah sembilan bulan tinggal di dalam rahim ibunya. Menjadi sebuah keharusan bagi orangtua Muslim untuk menyambut kelahirannya mengikuti cara yang dianjurkan oleh Islam.
Di antara hal-hal yang mungkin tidak semuanya dari kita memberikan perhatian adalah tatacara memandikan bayi baru lahir mulai usia sehari hingga 40 hari. Dalam kurun waktu inilah, cara memandikan memiliki peranan penting dalam membentuk aliran darah dan pembentukan tulang yang baik.
1. Sebaiknya mandikan bayi pada waktu dhuha, karena pada waktu tersebut fisiologi aliran  darah dan detak jantung bayi dalam keadaan tenang. Gunakan air yang hangat.
2. Siraman pertama perlu dimulai dari atas belakang tubuh bayi secara perlahan-lahan, kemudian baru disiramkan ke kaki, seterusnya naik ke bagian punggungnya.
3. Belaian dan usapan lembut juga merupakan peranan penting saat memandikan bayi. Ini akan membuat aliran darah bayi lancar dan baik. Siraman dibarengi dengan usapan sabun yang sesuai untuk bayi.
4. Selanjutnya siram dari belakang hingga ke kepala. Siraman di kepala dilakukan secara perlahan, supaya air tidak mengalir masuk ke dalam lubang telinga. Saat menyiramkan air di belakang kepala ke bagian depan dahi, gunakan tangan untuk menggosok dahi.
5. Sebaiknya tugas memandikan bayi dilakukan oleh ayah. Sambil memandikan, hati berzikir Ya Latif, Ya Hadi.
6. Pastikan siraman tidak dilakukan pada wajah bayi karena ia akan membuat bayi lemas serta menyebabkan lubang hidungnya lembap dan mudah flu atau terjangkit kuman.
7. Siraman yang terakhir, dilakukan ke atas dada seterusnya hingga ke bawah. Tidak dianjurkan menggunakan sabun pada bagian depan tubuh bayi usia ini, karena campuran air dan sabun menyebabkan bagian pusarnya lembap dan akan memperlambat proses ‘copot’ tali pusat.
8. Setelah selesai mandi, keringkan seluruh badan bayi dengan handuk yang bersih. Cara mengelap dimulai dari kepala tetapi jangan mengelap bagian kepala berlebihan karena akan menyebabkan kepala dan ubun-ubun bayi basah serta membawa masalah bagi yang memiliki paru-paru lemah.[www.syahidah.web.id]
Title: Adab Mandikan Bayi Baru Lahir Dengan Cara Betul
Posted by:Yulia Nisa
Published :2015-08-26T17:52:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Adab Mandikan Bayi Baru Lahir Dengan Cara Betul
Tags: Tips

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global