Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Pernikahan - Al Qur’an Mengajarkan Suami Agar Merawat Isteri yang Sedang Sakit Karena Melahirkan

www.syahidah.web.id - Betapa besar perhatian Islam kepada posisi seorang perempuan. Bahkan bagi seorang isteri yang tengah berada dalam perjuangan melahirkan, Al Qur’an mengajarkan perlakuan apa yang seharusnya dilakukan padanya. Marilah kita belajar bersikap lewat Al Qur’an terutama bagi seorang suami.
Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh. (19:22)
Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan”. (19:23)
Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu.” (19:24)
“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,” (19:25)
maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini”. (19:26)
Dari Surah Maryam di atas, seorang suami dapat mengambil beberapa pelajaran berikut:
1. Isteri yang hendak melahirkan sebagian besar mengalami stres terutama jika dia tengah sendirian atau tiada seseorang pun terutama suami disisinya. Apapun ungkapan yang dikatakannya, itulah cara ia meringankan tekanannya. Sebagaimana Mariam mengungkapkan, “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan”. Allah amat memahami pikiran Hamba-Nya ini ketika itu. Maka begitu jugalah seharusnya suami. Dengarkanlah rintihannya dengan tenang.
  1. Selalu berada di sisi isteri dan rendahkanlah diri melayaninya sebagaimana terdapat dalam ayat 24, Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah. Hormati ia karena ia ketika itu adalah insan yang sangat mulia di sisi Allah. Ia sedang berjuang fisabilillah.
  2. Terus berkomunikasi dengannya, hiburlah dengan penuh kasih sayang sebagaimana ayat 24, “Janganlah kamu bersedih hati (wahai Maryam).”
  3. Sediakan minuman dan makanan yang berkhasiat untuknya seperti dalam ayat 25 Allah menyediakan minuman dari sungai yang banyak mineral dan buah kurma yang berkhasiat: “Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,”
  4. Teruslah bersama dan bertukar pikiran di sisinya selama dia sedang berjuang. Berikanlah ketenangan sebagaimana terdapat dalam ayat 26: “maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu.”
Selamat berjuang terutama bagi Suami yang akan mendapat anak pertama.
Wallahu’alam bissawab.
Title: Al Qur’an Mengajarkan Suami Agar Merawat Isteri yang Sedang Sakit Karena Melahirkan
Posted by:Yulia Nisa
Published :2015-08-30T13:16:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Al Qur’an Mengajarkan Suami Agar Merawat Isteri yang Sedang Sakit Karena Melahirkan
Tags: Pernikahan

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global