Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Pendidikan Anak - Senangnya Jika Anak Senang Baca

www.syahidah.web.id - Membaca memang salah satu cara untuk melihat dunia dari sisi lain. Dengan membaca tentunya kita bisa mendapatkan banyak manfaat melalui ilmu dari sumber yang kita baca. Bagaimana jika anak kita menjadi anak yang gila membaca? Tentu sangat menyenangkan karena dia akan tumbuh menjadi orang yang mencintai pengetahuan.
Berikut, beberapa cara agar anak mencintai aktifitas membaca sejak bayi yang dikutip dari tulisan Mohammad Fauzil Adhim. Semoga bermanfaat:
1. Bacakan buku sejak anak baru lahir
Langkahnya, bacakan buku pada anak dengan suara dikeraskan. Hal ini bermanfaat untuk merangsang komunikasi yang baik, mendorong anak untuk menyukai membaca, kemampuan dan kapasitas otak anak berkembang jauh labih baik.
Bacakanlah buku dengan suara yang berubah-ubah sehingga berirama. Sesekali meninggi dan rendah. Metode ini akan membuat anak tertarik sehingga anak benar-benar terlibat secara psikis.
2. Membuat pola baca
Kebiasaan membaca yang mulai Anda tanamkan sejak anak baru lahir cenderung membentuk pola membaca pada anak. Anda bisa membacakan buku setiap kali anak menjelang tidur. Anda juga bisa membacakan buku setiap saat, kapan saja ada kesempatan. Nantinya anak Anda akan mengikuti pola yang Anda buat.
3. Bukalah buku bersama anak
Saat usia anak semakin bertambah, Anda harus mengenalkan membaca kepada anak dengan lebih kaya. Saat anak berusia tiga atau empat bulan, Anda bisa mulai mengajak anak membaca buku bersama.
Caranya, dudukkanlah anak di pangkuan Anda. Letakkanlah anak dengan cara yang membuatnya merasa nyaman. Apabila perlu, Anda bermain-main dulu untuk membuatnya benar-benar siap Anda bacakan buku.
4. Berikan buku yang sesuai
Buku untuk bayi sebaiknya menggunakan bahan dari kertas yang cukup tebal, tidak mudah sobek, kaya warna, dan tidak banyak tulisan. Idealnya satu buku memuat tidak lebih dari 300 kata. Atau kalau memang harus menggunakan banyak kata, kemasannya dirancang agar menarik dilihat.
5. Pilihlah bacaan yang bergizi
Pastikan juga buku-buku yang Anda bacakan benar-benar buku yang bergizi bagi jiwa, hati dan pikiran anak, agar upaya Anda merangsang anak gila membaca benar-benar dapat memberi manfaat yang optimal.
Pilihlah buku-buku yang memiliki struktur penceritaan yang sangat kuat. Sebab hal ini akan memberi pengaruh yang luar biasa besar pada kemampuan dan cara berfikir anak.
Demikian cara agar anak senang membaca sejak dini. Allah ta’ala berfirman :
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,” (QS. Al Alaq: 1)
Title: Senangnya Jika Anak Senang Baca
Posted by:Yulia Nisa
Published :2015-08-30T13:19:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Senangnya Jika Anak Senang Baca

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global