Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Artikel , Pernikahan - 3 Alasan yang membolehkan anda untuk menunda menikah

3 Alasan yang membolehkan anda untuk menunda menikahOleh Agus Ariwibowo

syahidah.web.idMenikah meskipun tak sedikit yang merindunya, tak sedikit yang gelisah karena yang dinanti tak kunjung hadir, tak sedikit yang galau karena yang di tunggu tak kunjung tiba. Entah berapa banyak yang selalu berdoa siang malam, meminta pada yang maha kuasa agar disegerakan jodohnya, agar disegerakan menikah. Namun ternyata ada juga yang “ogah menikah”.
Dalam sebuah forum kami berbagi tentang Indahnya Menikah Tanpa Pacaran , ada satu peserta yang bertanya tentang dirinya kalau dia malah bingung, bingung karena tidak ada keinginan menikah sama sekali, bingung kok masih ingin sendiri, merasa kalau dirinya masih bisa hidup sendiri tanpa ada yang mendampingi, masalahkah ini?
Ya, ternyata dari sekian banyak yang rindu menikah namun ada juga yang “ogah menikah” atau “malas menikah”, pada dasarnya ini tentu hak masing-masing pribadi, namun jika meninjau kepada perintah Allah dan rasulnya tentang menikah tentu hal ini agak keliru apalagi yang terus menunda-nunda pernikahannya tanpa alasan serta sebab yang syari.
“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. JIKA MEREKA MISKIN ALLAH AKAN MENGKAYAKAN MEREKA DENGAN KARUNIANYA. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur (24) : 32).
Jelas sekali bagaimana perintah Allah pada hamba-hambanya untuk menyegerakan menikah, lihat pada potongan ayat terakhir juga Allah jamin perkara rezekinya “Jika mereka miskin Allah yang akan mengkayakan mereka dengan karunianya”. Jaminan dari Allah swt, apalagi yang membuat kita ragu kalau Allah saja sudah menjamin. Namun mereka yang menunda menikah karena kondisi tertentu dengan alasan syar’i dan untuk memilih menghindari mudharat tentu dibolehkan.
Dalam tulisan kali ini kita akan membahas 3 hal yang boleh dilakukan untuk menunda menikah diantaranya adalah :
1. Menikah jika itu mengakibatkan ke zhaliman pada salah satu pihak
Kalau menikah namun pernikahan itu menzhalimi salah satu pihak maka pernikahan tersebut sudah semestinya ditunda atau dibatalkan sama sekali. Contohnya ada laki-laki yang memiliki dendam dengan satu keluarga, laki-laki menikahi wanita keluarga tersebut dengan niat membalas dendam, menyakiti wanita atau mungkin menceraikannya setelah dinikahi. Hal seperti ini tentu tidak diperbolehkan dalam Islam.
“Wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan kezhaliman atas diri-Ku, dan Aku jadikan ia (kezhaliman itu) haram di antara kalian. Maka janganlah kalian saling menzhalimi.” (HR. Muslim, dalam Jami’ul Ulum hadits no. 24)
Contoh kasus lain ada seorang wanita yang dipaksa menikah oleh orang tuanya dengan alasan harta sementara laki-laki yang akan menikahinya jauh sekali dari kesan laki-laki taat dan shaleh. Hal seperti ini jika terjadi maka boleh untuk menunda dan membatalkan pernikahan tersebut.
2.  Memaksakan menikah padahal belum mampu
Banyak hal ini terjadi dalam masyarakat hari ini, yaitu memaksakan menikah padahal sebenarnya belum mampu, baik itu secara finansial maupun izin dan restu dari keluarga. Memilih “nikah lari” karena belum dapat izin dari ortu dengan dalih sudah terlanjur cinta tentu hal yang sangat tidak di anjurkan dalam Islam. Di kasus lain yang sering terjadi adalah memaksakan menikah dan resepsi padahal sejatinya tidak mampu secara ekonomi alih-alih ujungnya adalah berhutang untuk biaya menikah dan resepsi, bahkan sampai malah berhutang ke renteiner (riba).
3. Menikah di saat hamil
“Dan perempuan-perempuan yang hamil waktu ‘iddah mereka sampai mereka melahirkan kandungannya.” (QS. Ath-Tholaq: 4)
Maka jika dalam kondisi hamil mesti ditunggu dulu sampai bayinya lahir (habis masa iddahnya) baru dinikahkan.
Ya, itulah sahabat semua 3 Hal yang boleh menunda menikah, semoga bermanfaat dan menambah khazanah keilmuan kita.[www.syahidah.web.id]

Sumber: http://www.elmina-id.com/3-alasan-yang-membolehkan-anda-untuk-menunda-menikah/
Title: 3 Alasan yang membolehkan anda untuk menunda menikah
Posted by:Hisyam Ad dien
Published :2015-09-01T15:01:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
3 Alasan yang membolehkan anda untuk menunda menikah

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global