Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Ekonomi , Muslimah - 4 Tipe Wanita dalam mengelola uang

4 Tipe Wanita dalam mengelola uang
oleh Agus Ariwibowo

syahidah.web.id“Diskon gila up to 80%”
“Terbatas hanya 10 Buah lagi”
“Tas terbaru tahun 2015”
“Membuat dirimu cantik seketika”
“Putih merona wajahmu”
“Turun berat badan 10 kg seminggu”
Ya, itu adalah beberapa kalimat yang sangat disukai bahkan dinanti-nantikan oleh “kebanyakan” wanita, saya tidak bilang semua ya, hehe.  Belanja sudah menjadi icon bagi wanita entah dari kapan hal ini bermula, tapi yang jelas jika ingat wanita maka akan ingat belanja, benar?
Makhluk dari venus, begitu jonh gray memberi sebutan untuk para wanita, salah satu fitrahnya adalah lebih mengutamakan mengikuti emosinya dibanding logika, “feel” jauh lebih penting daripada “think”. Makanya terkadang ketika seorang wanita di “mabuk” diskon malah secara tidak sadar membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.
Sekarang anda boleh cek dan evaluasi diri, berapa banyak uang yang telah dihabiskan untuk membayar rasa penasaran anda?. Berapa banyak barang yang dibeli  hanya disebabkan rasa penasaran baik itu barang ataupun makanan, setelah itu cek lagi berapa banyak barang yang dibeli dan jadi mubazir alias tidak terpakai?, kalaupun terpakai tidak dihabiskan, jadi kepakai sedikit saja. Jika jawabannya tidak ada maka anda hebat, termasuk wanita yang beda, yang bisa memilih serta memilah mana barang yang penting, yang mendesak serta yang tidak penting sama sekali. Akan tetapi jika jawabannya ternyata banyak maka (mohon maaf) anda masuk kategori boros dan harus mesti segera merubah diri dan merubah pola anda dalam mengelola keuangan.
Kecerdasan finansial dalam mengelola uang adalah kecerdasan penting bagi setiap wanita, karena sebagai seorang istri nanti ia harus bisa mengelola uang yang suaminya berikan. Seorang istri mesti bisa mengelola uang jika itu banyak dikasih suami maka ia akan belikan hanya untuk hal-hal yang penting dan perlu saja sisanya di tabung, jika uang yang dikasih suami sedikit ia bisa mengelolanya sehingga tetap mencukupi kebutuhan keluarganya.
Kecerdasan finansial seorang ibu juga akan terwariskan pada anak-anaknya, jika ada anak yang terlihat boros, susah nabung, uang cepat habis maka bisa jadi ibunya (orang tuanya) juga boros, anak meniru apa yang dilakukan ibunya, makanya ini tentu hal yang penting sekali. InsyaAllah pembahasan tentang finansial akan kita bahas beberapa kali, tapi khusus bagian pertama ini kita bahas tipe-tipe wanita dalam mengelola uang, setidaknya ada 4 tipe yang akan kita bahas.
1. Tipe Pertama adalah “Susah Dapetin Uang dan Susah mengeluarkan uang” ini adalah tipe yang tau diri, artinya penghasilan sedikit tapi sebanding dengan pengeluarannya, ia bisa hidup secukupnya. Jika membeli sesuatu lebih melihat pada fungsinya tidak terlalu melihat trend dan brand. Dalam hal mencari uang juga tidak terlalu berambisi, menerima seadanya saja.
2. Tipe Kedua adalah “Susah Dapetin Uang dan Gampang mengeluarkan uang” Kalau boleh disebut maka tipe ini masuk kategori tidak tau diri, kalau pribahasa mengatakan tidak mengukur badan dengan bayang-bayang . Besar pasak dari pada tiang, alias lebih banyak pengeluaran dari pada pemasukan, bahkan sering lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan. Mengikuti trend, fanatik pada suatu brand dari produk, dan tidak mau kalah dengan teman-temannya apakah itu masalah pakaian, kosmetik ,gadget ,makan dan lain sebagainya. Fatalnya dari tipe ini tidak segan-segan untuk ngutang sana-ngutang sini, kredit sana-kredit sini, iya sih tampilannya keren, semuanya branded, produk terbaru tapi hasil kreditan dan hutang. Jika hari ini anda di tipe ini maka segeralah bertaubat karena ini sangat berbahaya, kebiasaan buruk ini jika diteruskan akan bisa berakibat fatal, apalagi jika anda sudah memiliki suami dan sudah jadi ibu. Hati-hati.
3. Tipe Ketiga adalah “Gampang Dapetin Uang dan Gampang mengeluarkan uang” , Nah tipe yang ketiga ini adalah tipe yang mana seseorang itu gampang dapetin uang, apakah lewat bisnis, kerja, bonus dan lain-lain. Tapi sayangnya ia juga gampang dalam mengeluarkan uang. Alhasil tipe ini selalu “seri” masuk sekian keluar sekian dan tidak ada yang di investasikan atau ditabung untuk masa depan
4. Tipe Keempat adalah “Gampang Dapetin Uang dan Susah Mengeluarkan Uang” , Tipe keempat ini adalah tipe terbaik, jago dalam menghasilkan uang dan hebat juga dalam pengelolaannya. Iya selalu memikirkan matang-matang sesuatu yang akan dibeli, apakah termasuk kategori “keinginan” atau “kebutuhan”. Jika itu hanya termasuk kategori “keinginan” maka ia akan menundanya dalam membeli. Salah satu jurus hebatnya adalah bisa Menunda Kesenangan . Banyak orang yang gagal dalam mengelola uang salah satu kelemahannya adalah tidak bisa menunda kesenangan. Selain itu tipe keempat ini juga sangat cerdas dalam ber-investasi dan menabung. Jika keluar rumah rencana belanjanya selalu dibudget terlebih dahulu. Jadi tidak ada pengeluaran yang tidak terencana, karena kebanyakan orang menghabiskan uang gara-gara pengeluaran tidak terencana, lihat diskon up to 80% lansung diborong, lihat ada gadget baru lansung dibeli, nah yang seperti ini berbahaya.
Sudah kebayang?, kira-kira anda masuk tipe yang keberapa dalam mengelola uang?
Jika anda berada diposisi yang salah maka segeralah pindah posisi, silakan disebarkan agar manfaatnya menyebar luas. [www.syahidah.web.id]

Sumber: http://www.elmina-id.com/4-tipe-wanita-dalam-mengelola-uang/
Title: 4 Tipe Wanita dalam mengelola uang
Posted by:Hisyam Ad dien
Published :2015-09-01T15:48:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
4 Tipe Wanita dalam mengelola uang
Tags: Ekonomi , Muslimah

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global