Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Renungan , Teladan - Andai Waktu Mereka Bisa Kubeli …

www.syahidah.web.id -  Banyak kita saksikan manusia yang begitu lalai pada waktu. Mereka menghabiskan hari-harinya dengan sesuatu yang tidak bermanfaat bagi kehidupannya. Jangankan bermanfaat, justru perbuatannya dengan kesadaran atau tidak akan mengantarkannya bagi penyesalan abadi.
Syaikh Ali Thantawi dalam kitab beliau “Dzikrayaat” seperti ditulis muslimah, mengisahkan tentang seorang ulama besar bernama Jamaludin Al-Qasimi.
Suatu ketika beliau ini melewati sekumpulan anak muda yang suka foya-foya dan menghabiskan waktu mereka dalam maksiat. Melihat keadaan seperti itu, Syaikh Jamaludin Al-Qasimi lantas berkata,
ليت أنَّ الوقت يباع ويشترى لاشتريت منهم أوقاتهم
Andai saja waktu itu bisa dijual dan dibeli, sungguh akan kubeli waktu mereka..”
Saking merasa sayangnya terhadap waktu yang pergi sia-sia; tanpa faedah, dan karena saking sibuknya beliau dalam mengajarkan ilmu dan menulis buku.
Dikatakan jumlah buku karya beliau melebihi umur beliau. Umur beliau 50 th, sedang kitab karangan beliau melebihi 50 judul kitab. Syaikh Muhammad Rasyid Ridho dalam majalah Al Manar menerangkan bahwa karya beliau mencapai 80 judul buku. Diantara karya beliau adalah “Mahaasinut Ta’wiil“; kitab tafsir setebal tujuh belas jilid.
Seandainya kita katakan beliau mulai mengarang kitab sejak tahun pertama beliau keluar dari perut ibu. Maka untuk mencapai 50 karya buku dalam usia yang 50 th; setiap tahunnya beliau menulis satu judul buku. Ini bila beliau mulai menulis di tahun pertama kelahiran beliau. Tentu ini suatu hal yang mustahil, anak bayi baru lahir bisa nulis buku.
Minimal secara kasat mataseorang mulai mampu menulis buku di usia dewasa, kisaran 14 atau 15 tahun. Ini baru hitungan-hitungan 50 buku, 80 judul buku?!
Anda bisa bayangkan, dalam setahun berapa buku yang beliau tulis. Inilah Syaikh Jamaluddin Al-Qasimi..Sungguh umur yang diberkahi, kehidupan yang indah penuh dengan kebaikan;  mengajarkan ilmu dan berkarya..
Semoga kita bisa meneladani beliau dalam menghargai waktu serta mengisinya dengan sebanyak-banyaknya kebaikan.(fauziya/muslimahzone/www.syahidah.web.id)
Title: Andai Waktu Mereka Bisa Kubeli …
Posted by:Hisyam Ad dien
Published :2015-09-06T09:24:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Andai Waktu Mereka Bisa Kubeli …
Tags: Renungan , Teladan

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global