Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Kandungan , Kesehatan - Hamil Terinfeksi Virus Toksoplasma

Virus Toksoplasmawww.syahidah.web.id - Terinfeksi Virus Toksoplasma
Pertanyaan:
Assalamualaykum dokter, saya umur 32 tahun mempunyai istri yg divonis dokter kena tokso, indikasinya pernah melahirkan bayi yg tidak normal (tempurung kepalanya belum terbentuk) dan saat ini sedang hamil 2 minggu. Apa yang harus saya lakukan. seandaynya harus terapi bagaimana caranya mohon penjelasannya…?

Jawaban:
Wa’alaikumussalam,
Mungkin yang dimaksud tokso adalah Toksoplasmosis yaitu penyakit yang disebabkan oleh parasit toksoplasma gondii. Vonis terkena toksoplasmosis kurang cukup jika hanya berdasarkan pemeriksaan dan riwayat penyakit dahulu. Misalnya pernah melahirkan bayi yang tidak normal dengan tempurung kepala belum terbentuk. Untuk lebih pastinya kami sarankan anda untuk berkonsultasi kembali dan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan penyakit ini.
Jika memang positif dan pasti terkena toksoplasmosis ketika hamil., yang berbahaya adalah janinnya bisa terinfeksi juga kemudian bisa menyebabkan kecacatan yaitu hidrocefalus, perut bengkak (ascites), kebutaan, radang otak dan lain-lain. Bisa juga menyebabkan keguguran jika terserang pada tiga bulan pertama.
Jika seorang ibu hamil sudah terkena infeksi toxoplasma dengan diagnosis yang sudah pasti dari dokter. Maka terapi dan penanganan yang ditempuh adalah dengan memberikan antibiotik dengan pengawasan.
Antibiotik yang diberikan bisa:

  • Sulfa dan pirimethamin
  • Atau spiramycin dan clindamycin.
Antibiotik ini bisa menmenembus sawar plasenta dengan baik. Terapi tetap dilakukan terus sampai persalinan. Jika sudah melahirkan, maka bayi perlu diperiksa juga apakah terkena infeksi atau tidak (tertular jika pada pemeriksaan yaitu lgM adalah positif). Meskipun bayi tidak tertular tetap perlu dikontrol secara berkala dengan pemeriksaan. Pemberian antibiotik sebaiknya dilakukan segera mungkin pada minggu-minggu awal kehamilan dengan harapan bayi tidak tertular.
Kami sarankan jika memang terkena toxoplasma , segera kontrol rutin pada dokter spesialis kandungan. [www.syahidah.web.id]
Demikian semoga bermanfaat.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)
Title: Hamil Terinfeksi Virus Toksoplasma
Posted by:Hisyam Ad dien
Published :2015-09-06T08:49:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Hamil Terinfeksi Virus Toksoplasma

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global