Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Pendidikan Anak - Metode Pembelajaran Anak Usia Dini

Oleh : Ustadzah Yanti Tanjung

www.syahidah.web.id - Metode belajar dalam Islam itu adalah ilmu untuk diamalkan maka ini sejalan dengan tercapainya tujuan pendidikan Islam yaitu membentuk kepribadian Islam. Artinya dalam belajar anak diberikan pemahaman (konsep), sedangkan pemahaman ini bisa diwujudkan dalam benak anak dengan proses berpikir.

Berpikir adalah proses memindahkan fakta ke otak melalui panca indera dengan disertai ma’lumat sabiqot (informasi-informasi terdahulu) yang berkaitan dengan fakta tersebut. Pemahaman (konsep) yang sudah dimiliki anak akan dia gunakan sebagai landasan bersikap (beramal). Maka proses ini juga seringkali diistilahkan dengan talqiyyan fikriyyan.

Inilah metode yang baku dari konsep pendidikan Islam yang wajib dilakukan oleh setiap pendidik terutama ayah dan ibu. Adapun dengan bercerita, bermain, percobaan dan lain-lainnya hanyalah strategi pembelajaran atau bisa juga kita istilahkan uslub. Tentunya untuk menerapkan metode ini hingga mengetahui sejauh mana tumbuh dan berkembangnya anak-anak usia dini perlu keseriusan dan fokus agar transfer ilmu untuk amal itu dapat terealisasi sebagaimana mestinya. Maka dibutuhkan program-program sederhana dan pengambilan instrumen-instrumen penunjang yang tepat untuk terjadinya proses belajar dengan talqiyyan fikriyyan.

Seyogyanya anak usia dini tidak membutuhkan waktu lama untuk belajar fokus, paling bisa direalisasikan kisaran 15 hingga 30 menit, selebihnya banyak eksplor dan bermain. Nah saat eksplor dan bermain itulah membutuhkan pendampingan agar proses berpikir anak juga terbentuk dengan landasan aqidah islam.

Fase berpikir dengan landasan aqidah anak usia dini itu saat anak bisa mengenal siapa penciptanya hingga mengenal nama Allah, itu sudah sangat bagus. Berikutnya anak memahami bahwa dzat yang harus dia syukuri itu adalah Allah. Sehingga bila anak sudah pandai bersyukur kepada penciptanya, akan mendorong dia mewujudkan rasa terima kasih itu dalam bentuk rajin beribadah, rajin tahfidz, rajin berbuat baik, rajin berbagi dsb. Dalam artian anak akan taat syariah dalam kapasitas taraf berpikirnya.[www.syahidah.web.id]

Wallaahu a’lam bishshowab




Title: Metode Pembelajaran Anak Usia Dini
Posted by:Hisyam Ad dien
Published :2015-09-10T12:12:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Metode Pembelajaran Anak Usia Dini

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global