Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Artikel , Motivasi - Pentingnya mengelola waktu dengan cerdas bagi muslimah

Pentingnya mengelola waktu dengan cerdas bagi muslimah
oleh Agus Ariwibowo

syahidah.web.id - 1. Demi massa 
2. Sesungguhnya manusia itu benar – banar berada dalam kerugian 
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (Q.S : Al-Ashr 1-3)
Saya yakin anda semua tentu sudah hafal surah di atas, bahkan jauh sebelum masuk TKpun kita sudah sangat hafal, namun pertanyaan besarnya sudahkah kita tau, paham, mengerti serta mengamalkan surah yang pendek diatas? atau hanya masih sekedar hafal saja tapi masih belum memahami bahkan mengamalkan akan makna-maknanya.
Surah Al-ashr berbicara tentang waktu, iya waktu sesuatu yang selalu menjadi “masalah” besar dalam kehidupan kita, sesuatu yang menjadi kambing hitam dalam setiap aktivitas kita. Jika tugas tidak selesai alasannya waktu tidak ada, jika ibadah kita telat lagi-lagi alasannya waktu mepet, jika belum baca Al-quran lagi-lagi waktunya tidak ada.
Orang barat bilang waktu adalah uang, pepatah arab mengatakan waktu adalah pedang, sementara kita sebagai umat islam sesuai perintah Allah waktu adalah amal shaleh, menyampaikan kebenaran, saling menasihat supaya menetapi kesabaran, bahasa sederhananya waktu adalah ibadah.
Waktu ia bagai kuda liar yang sangat sulit dikelola namun terkadang ia juga bagai sebuah “candu” yang melenakan, memabukkan dan melupakan. Sekarang kita coba evaluasi  bagaimana kita mengelola waktu kita?,  kita Allah anugrahkan  waktu yang sama 24 jam, dari 24 jam waktu yang Allah beri kepada kita berapa jam kita pergunakan untuk ibadah?, berapa jam kita gunakan untuk istirahat? berapa jam kita pergunakan untuk main-main? dan berapa jam pula waktu kita terbuang percuma tanpa aktivitas yang jelas?
Apakah kita sudah bisa mengelolanya secara produktif? ataukah kita masih menjadi orang-orang yang merugi, orang-orang yang menghambur-hamburkan waktu kita tanpa tujuan yang jelas. Sementara untuk hal-hal ibadah, hal-hal yang produktif kita selalu beralasan “tidak punya waktu”?
Imam Syafi’I mengatakan: “Seandainya manusia mencermati surat ini (al-‘Ashr) secara seksama, niscaya surat ini akan mencukupi mereka.”  . Itu perkataan ulama besar imam syafi’i mengingat begitu pentingnya ayat ini, mengingat begitu pentingnya setiap muslim-muslimah bisa menjaga dan memanfaatkan waktunya sebaik mungkin. Mengingat begitu banyaknya orang yang melalaikan waktunya, membuang-membuang waktunya tanpa aktivitas yang jelas.
Setiap kita mendapat jatah waktu yang sama, namun bagaimana kita memanfaatkannyalah yang akan membedakan hasil baik itu untuk kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat. Ada yang dengan waktu yang Allah kasih 24 jam ia bisa manfaatkan untuk ibadah, shalat berjamaah tepat waktu, melakukan amalan sunnah, membaca Al-quran, berdzikir mengingat Allah, serta tak lupa juga mencari nafkah yang halal untuk keluarganya. Tapi dilain ruang tak sedikit juga orang yang membuang-buang waktunya dengan begitu saja, melalaikan ibadah, malas mengais rezeki, banyak tidur, menonton, terlalu berlama-lama di sosial media dan aktivitas mubazir lainnya.
Keahlian mengelola waktu adalah ke ahlian penting yang mesti dimiliki oleh seorang calon ibu maupun calon istri apalagi yang sudah bertitelkan seorang ibu dan istri, mengingat banyaknya tugas yang mesti dia kerjakan. Apakah itu menyiapkan bekal untuk suami, anak, memasak, mendidik anak, mencuci,dan lain sebagainya. Dan yang terpenting adalah bagaimana ia bisa memberikan teladan untuk anak-anaknya akan arti berharganya waktu, bagaimana cara menghargai waktu dan mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat serta produktif meskipun itu hanya satu detik.
Cerdaslah mengelola waktu, pandailah membedakan mana yang penting mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting mendesak, serta tidak penting dan tidak mendesak. Evaluasilah untuk apa kita banyak menghabiskan waktu?, sudahkah untuk hal-hal produktif atau masih banyak menghabiskannya untuk hal-hal yang tidak produktif.[www.syahidah.web.id]

Sumber: http://www.elmina-id.com/pentingnya-mengelola-waktu-dengan-cerdas-bagi-muslimah/
Title: Pentingnya mengelola waktu dengan cerdas bagi muslimah
Posted by:Hisyam Ad dien
Published :2015-09-01T14:54:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Pentingnya mengelola waktu dengan cerdas bagi muslimah
Tags: Artikel , Motivasi

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global