Guest Book

powered by Is Banned ???

You Are Here: Home - Nafsiyah , Renungan - Yang Berharga Namun Sering Diabaikan

www.syahidah.web.id - Alangkah berharganya waktu hingga Allah mengabadikannya dalam satu surat dalam Al Qur’an. Al Ashr. Demi masa.
Manusia seringkali lupa bahwa kehidupannya di dunia ini hanyalah sebentar. Dia tidak ubahnya seperti pengembara yang melewati satu perkampungan. Keberadaannya di sana hanya sekedar singgah bukan menetap. Maka persinggahannya itulah yang seharusnya bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk mengumpulkan perbekalan dan melanjutkan kembali perjalanan menuju tujuan yang hakiki. Negeri akhirat.
Maka sungguh benarlah firman Allah dalam Al Ashr tersebut. Manusia berada dalam kerugian ketika mereka tidak menggunakan waktu yang sempit ini untuk melaksanakan kebaikan, amar ma’ruf nahi munkar, beriman kepada Allah dengan sebenar-benarnya keimanan.
Ketika memiliki waktu luang seringkali kita malah bersantai-santai, merasa tidak ada lagi yang perlu dikerjakan. Namun ketika dihadapkan pada kesibukan, sementara banyak aktifitas yang belum terselesaikan, kita seringkali merasa betapa kurangnya waktu 24 jam dalam sehari. Saat itulah seharusnya kita menyadari bahwa benarlah bahwa waktu begitu berharga.
Setiap detik yang Allah berikan, setiap hembusan nafas yang Allah titipkan, bukanlah sesuatu yang sia-sia yang bisa kita manfaatkan sesuka kita. Ada balasan yang harus kita berikan. Ada harga yang harus kita bayar. Yaitu berupa sebuah ketaatan kepada semua syari’at-Nya.
Rasulullah bersabda, “ada dua nikmat yang terabaikan oleh banyak manusia, yaitu sehat dan waktu luang” (HR. Al-Baihaqi dari Ibn Abbas) .
Hadits ini juga dapat menjadi renungan untuk kita, bahwa salah satu nikmat yang Allah berikan kepada manusia adalah waktu luang. Terlihat sepele namun manusia sering mengabaikannya.
Sebuah nikmat bisa jadi bukan berupa harta kekayaan. Ketika harta hilang, ia bisa dicari kembali. Namun, bagaimana dengan waktu yang hilang, akankah ia bisa kembali? padahal kematian tidak pernah menunggu. Sudah siapkah kita untuk menyambutnya dengan senyuman?
Title: Yang Berharga Namun Sering Diabaikan
Posted by:Hisyam Ad dien
Published :2015-09-11T14:37:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 564953 Reviews
Yang Berharga Namun Sering Diabaikan
Tags: Nafsiyah , Renungan

Artikel Terkait

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan - Web Desain by jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global