Australia mengalokasikan $578 juta untuk mendukung tujuan pembangunan Indonesia


http://www.rimanews.com/sites/default/files/imagecache/250x175/sby_gantung.jpgUntuk tahun anggaran 2012-13, Pemerintah Australia akan menyediakan sekitar A$578.4 juta (Rp. 5,37 trilyun) untuk bantuan pembangunan di Indonesia. Pernyataan hari ini menegaskan kembali komitmen Australia untuk terus meningkatkan bantuan pembangunan kepada Indonesia.
Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara tetangga terdekat Australia dan telah berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi namun masih menghadapi tantangan pembangunan yang rumit.
“Australia bangga dapat bermitra dengan Indonesia dalam upaya mengatasi kemiskinan,” ujar Duta Besar Moriarty. “Anggaran tahun ini A$20 juta lebih besar dari tahun lalu dan saya senang bahwa program bantuan kami meningkat secara konsisten selama tiga tahun terakhir.”
“Australia adalah donor hibah terbesar untuk Indonesia. Kedua negara memiliki kemitraan pembangunan yang sangat baik yang membantu menyelamatkan kehidupan, membuka peluang kepada masyarakat miskin dan mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.”
Dikelola oleh Lembaga Bantuan Pembangunan Internasional Australia (AusAID), program bantuan Australia di Indonesia akan terus berfokus pada sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan perlindungan sosial.
“Australia memberikan anak-anak Indonesia akses kepada pendidikan yang berkualitas, meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan, air bersih dan sanitasi serta memberikan perlindungan kepada masyarakat miskin dan terpinggirkan,” ujar Duta Besar Moriarty.
Australia juga akan terus memberikan bantuan yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, mengurangi dampak bencana alam dan memperkuat demokrasi, keadilan serta tata pemerintahan.
Pemerintah Australia juga baru saja meluncurkan Kerangka Kebijakan Bantuan pada 8 Mei 2012. Kerangka kebijakan ini akan memaparkan visi empat tahun Pemerintah Australia yang menjelaskan besarnya bantuan, dimana dan mengapa bantuan diberikan hingga 2015-16. Hal ini akan membuat kerjasama Pemerintah Australia dan Indonesia menjadi lebih baik dan terencana sehingga bantuan menjadi lebih efektif dan memberikan hasil yang lebih baik bagi rakyat Indonesia.
Program bantuan Australia bermitra erat dengan Pemerintah Indonesia dan berbagai organisasi masyarakat sipil untuk mencapai Indonesia yang makmur, demokratis dan aman.
Pertanyaan media:
Mia Salim, Public Affairs Manager, AusAID Indonesia +62 21 2550 5490