Jerawat di muka? PD aja Lagi!

khoirunnisa-syahidah.blogspot.com - Banyak iklan di TV yang menampilkan remaja cewek histeris ketika tahu ada jerawat nongol di salah satu bagian mukanya. Lalu muncullah produk kecantikan mulai sabun muka hingga salep khusus jerawat untuk memusnahkan ‘tamu tak diundang’ tersebut. Banyak embel-embel lainnya semisal jerawat hilang dalam tiga hari dan lain sebagainya. Intinya, kamu disuruh beli produk yang dipromosikan entah manjur entah enggak.

Sobat muda, jerawat itu masalah biasa. Tak perlu histeris seolah-olah dunia akan kiamat hanya karena jerawat muncul di saat-saat penting kamu. Sebaliknya, jerawat ini masalah hormon yang memang merupakan salah satu indikasi mulai tumbuhnya kamu yang semula kanak-kanak menuju masa dewasa. Biasa aja lagi menghadapi hadirnya si ‘pimples’ ini. Malahan, dia bisa menjadi pengingat kalo kamu sudah bukan lagi kanak-kanak yang bisa semau gue kayak sebelumnya. Kamu sudah beranjak dewasa yang mulai harus sadar diri dengan segenap tanggung jawab dan kewajiban.

Menutup aurat jadi sesuatu yang wajib baik cowok maupun cewek. Kalo cowok, kamu sudah gak lucu lagi pake celana pendek yang memperlihatkan lutut apalagi paha. Kalo kamu cewek, auratmu melingkupi seluruh badan kecuali muka dan telapak tangan. Kewajiban yang lain utamanya sholat dan puasa Ramadhan sudah bukan barang baru lagi. Harusnya kamu sudah terbiasa karena ini sudah dilakukan sejak kamu kecil. Bila pun belum, maka ini saatnya sebagai pengingat kamu bahwa sejak mulai baligh, seluruh amalmu akan dihitung hingga ke detil-detilnya.

Kembali ke masalah jerawat, ia datang dan pergi sesukanya. Yang penting kamu rajin membersihkan muka. Tak harus dengan biaya mahal, karena wudhu minimal lima kali sehari sebelum sholat sudah merupakan pencegahan dini akan timbulnya jerawat di muka. Yakin saja dengan resep yang diberikan oleh Sang Pengatur Kehidupan ini yaitu Allah SWT.
Mungkin ada di antara kamu yang punya kulit sensitif sehingga membutuhkan perawatan khusus. Yang seperti ini kasuistik saja kok. Bahkan seringnya, kulit sensitive akan menjadi semakin serius urusannya ketika kamu mencoba-coba kosmetik ini itu, pemutih ini-itu, sehingga mengakibatkan radang.

Dalam kondisi normal, kulit yang bagaimana pun kondisinya, akan baik-baik saja tanpa ada sentuhan bahan kimiawi buatan pabrik. Bedak yang terlalu tebal juga  bisa menutup pori-pori kulit muka sehingga jerawat jadi mudah timbul. Salam hal ini sabun baby bisa menjadi alternative karena sifatnya yang lembut dan aman bagi kulit bayi yang masih sangat sensitive. Lagipula urusan remaja kan bukan cuma ngurusi jerawat, jadi jangan sampai waktumu banyak habis hanya ribet urusan yang satu ini saja.


Selama jerawat tidak berkembang menjadi sesuatu yang membahayakan semisal terjadi radang di kulit muka, maka tak perlu terlalu pusing memikirkannya. Kalaupun ada satu dua jerawat di muka yang tidak berbahaya, anggap saja ada satu dua bintang di langit sebagai hiasan sehingga memberikan sensasi tersendiri. Nah, sudut pandang yang tepat terhadap hadirnya jerawat membuat kamu pun bisa tepat pula dalam menyikapinya. Tak perlu heboh deh gara-gara benda satu ini. So, ceriakan masa remajamu untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Setuju donk ya ^_^ [ria fariana/voa-i/khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]