DEMOCRAZY, Dana Pemilu Kada Garut Capai Rp52 Miliar


GARUT,  Dana pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pemilu kada) Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada 2013 sebesar Rp52 miliar. Angka tersebut naik hampir 100 persen dari pelaksanaan sebelumnya hanya Rp30 miliar.
"Berdasarkan pengajuan oleh KPU Kabupaten Garut untuk dana pemilu kada 2013 mencapai Rp52 miliar," kata Sekretaris Daerah, Pemerintah Kabupaten Garut, Iman Alirahman di Garut, Kamis (5/7).
Anggaran yang diajukan itu hanya pelaksanaan satu putaran. Juga belum termasuk dana untuk panitia pengawas dan pengamanan. Menurut dia, jika digabungkan dengan dana yang belum diajukan penganggarannya, totalnya diperkirakan mencapai Rp65 miliar.
Ia mengakui dana itu cukup besar dibandingkan pemilihan tahun 2008. Angka itu tentunya akan membebani APBD Kabupaten Garut yang kondisinya sedang memprihatinkan. "Kalau dibandingkan pemilu kada tahun lalu, dana sekarang yang dibutuhkan sangat besar," katanya.
Meskipun dana pemilu kada sebesar itu akan membebani APBD Kabupaten Garut, pemerintah daerah tetap harus mengupayakan anggarannya. Untung saja, Pemerintah Kabupaten Garut telah menabung secara bertahap setiap tahunnya, mulai dari APBD tahun 2010, dan sisanya APBD tahun 2013.
"Dari APBD 2010 dan 2011, kita baru ada Rp17 miliar, sisanya tentu harus dari APBD 2013," ungkap Iman.[ian/antkhoirunnisa-syahidah.blogspot.com]