Heboh Nishfu Sya'ban?! Mari Disimak!


khoirunnisa-syahidah.blogspot.com - 01. malam ini, TL saya tiba2 "banjir" dengan pertanyaan seputar nishfu sya'ban, karena harini terkirakan tgl 14 sya'ban, pertengahan sya'ban


02. heboh deh "nishfu sya'ban" (anehnya kok nggak masuk trends ya?) | "apa amalannya?" "shahih nggak sih?" "gimana caranya?" de el el


03. sy sampaikan, sesuai share sy ttg sya'ban di >> http://chirpstory.com/li/11560 | bahwa tidak ada ibadah khusus yg diutamakan di nishfu


04. satu2nya amalan yg diriwayatkan shahih dari hadits2 adl bahwa Rasulullah habiskan sebagian besar hari2 di bln sya'ban dengan berpuasa


05. adapun hadits2 yg berkaitan keutamaan sya'ban lainnya, ulama jumhur menilai itu hadits lemah bahkan palsu


06. jadi kalo mau ibadah utama di bulan sya'ban, perbanyak aja puasa | that's all, perbanyak ibadah sunnah lain, itung2 siap2 ramadhan


07. yang jadi poin keanehan sy sih bukan disitu, tapi pada "heboh"nya itu lo :)


08. oke, coba ikuti jalur pikiran saya | kalopun ada, kalopun shahih, nishfu sya'ban itu tetep amalan sunnah kan? bukan wajib? sepakat?


09. artinya, kalopun shahih, kalopun bener | maka kl amalkan pahala, kl nggak amalkan nggak papa, betul nggak?


10. nah, herannya | kenapa sampe "heboh" banget pdhl itu perkara sunnah, sementara perkara wajib yg dalil2nya jelas banget malah diabaikan?


11. ada yg semangat banget amalin nishfu sya'ban sampe cari2 hadits dhaif | tapi kalem aja pas dikasi hadits shahih ttg menutup aurat hehe..


12. ada yg semangat banget amalin nishfu sya'ban sampe shalat 100 rakaat | pulangnya masih boncengan sama pacar, lha piye ki?


13. padahal, dalam Islam udah jelas, bahwa kewajiban itu prioritas diamalkan, dari segi apapun | wajib dulu, sunnah hiasan, gitu kan :)


14. coba bayangin, kl ada orang yg shalat sunnah shubuh terus tidur nggak shalat shubuh yg wajib | aneh nggak? :D


15. beginilah kondisi ummat kita sekarang | hobi "heboh" yg sunnah tapi lupakan yang wajib, sori kalo salah, tp kayaknya nggak deh


16. apa mungkin karena yg wajib itu nuntut pengorbanan dan konsekuensi, sementara yg sunnah itu bisa kita lakukan/tinggal sesuka hati?


17. sedekah, tahajud, dhuha >> mungkin nggak terlalu banyak korban | dibanding tutup aurat, bebaskan diri dari riba, atau putus pacaran? :)


18. padahal zaman dulu para shahabat selalu utamakan yang wajib, dan perbanyak yang sunnah | bukan merasa sunnah bisa gantikan yang wajib


19. perhatikan perkataan ulama besar Ibn Mubarak "Meninggalkan 1 dirham yang syubhat; lebih aku suka daripada sedekah 1000 dinar" | nah


20. in other words, bila kita semangat broadcast amalan nishfu sya'ban, harusnya lebih semangat sebarin "wajibnya tutup aurat" kan? :D


21. kesimpulannya, yuk, di pertengahan sya'ban ini (nishfu sya'ban), mari kita lihat, kewajiban apa lg yg belum kita penuhi sebagai Muslim?


22. penuhi semua kewajiban yg Allah beri, agar jadi hiasan berharga sunnah2 yg kita telah usahakan | agar Allah ridha dan cintakan kita :D [khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]