Tentara Koalisi Tewas Ditembaki Tentara Afghanistan


khoirunnisa-syahidah.blogspot.com - Tiga tentara koalisi pimpinan Amerika tewas dalam penembakan dari tentara Afghanistan terbaru di provinsi Uruzgan Afghanistan selatan.

"Seorang yang mengenakan seragam Tentara Nasional Afghanistan mengarahkan senjatanya terhadap Tentara Bantuan Keamanan Internasional (ISAF)  di Afghanistan selatan kemarin, menewaskan tiga," kata ISAF dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Kamis, Reuters melaporkan.

"Insiden itu saat ini sedang diselidiki," tambah pernyataan itu.

ISAF tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai serangan insider ini, juga tidak menyebutkan kebangsaan korban.

Namun, Angkatan Pertahanan Australia mengkonfirmasi kemudian bahwa tentara yang terbunuh adalah berasal Australia.

Menurut penghitungan ISAF, serangan yang dilancarkan oleh tentara Afghanistan ataupun orang yang memakai seragam tentara atau polisi Afghanistan telah menewaskan total 45   tentara asing di negara itu tahun ini, naik dari 35 kematian pada tahun 2011.

Pada tanggal 14 Agustus, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta menyatakan keprihatinan atas peningkatan jumlah serangan oleh tentara Afghanistan pada pasukan pimpinan Amerika di Afghanistan.

Ribuan pasukan asing, direncanakan menarik diri dari Afghanistan pada tahun 2014, tetap berada di negara itu dengan dalih "pelatihan dan  kerja sama tentara Afghanistan." [rmd/muslimdaily.net/khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]