Biksu Myanmar Larang OKI Bantu Muslim Rohingya

biksu myanmarkhoirunnisa-syahidah.blogspot.com - RIBUAN biksu dikabarkan turun ke jalan di dua kota utama Myanmar pada hari Senin (15/10/2012). Para biksu ini memprotes upaya OKI (Organisasi Konferensi Islam) untuk membantu Muslim Rohingya dalam kerusuhan yang menghantam negara bagian Rakhine, kata penyelenggara aksi protes.
Sekitar 3.000 biksu dengan jubah merah marun, beberapa dari mereka memegang spanduk dan berteriak “Tidak untuk OKI.” Mereka berbaris melalui pusat kota Yangon, menurut seorang fotografer AFP, dalam aksi terbaru terhadap Organisasi Konferensi Islam.
“Kami tidak bisa menerima kehadiran kantor OKI di sini,” tutur Oattamathara, seorang biksu yang memimpin protes Mandalay, kepada AFP. Dia menuturkan bahwa demonstran ingin jaminan yang jelas dari pemerintah, bahwa 57-anggota OKI tidak akan diizinkan untuk beroperasi di negara itu.
Ketegangan antar Buddha dan Rohingya meletus di bulan Juni, menyisakan banyak korban tewas dan puluhan ribu lainnya dipaksa untuk mencari perlindungan di tempat penampungan sementara.
Muslim Rohingya Myanmar, yang berbicara dengan dialek yang mirip dengan salah satu suku tetangganya di Bangladesh. Pemerintah Myanmar menganggapnya sebagai imigran ilegal. [hf/islampos/afp/khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]