Inggris Tolak Serahkan Hacker Pembobol Nasa dan Pentagon Pada AS

Image-87
khoirunnisa-syahidah.blogspot.com - Inggris Tolak Serahkan Hacker Pembobol Nasa dan Pentagon Pada AS - Amerika Serikat (AS) mengaku kecewa dengan sikap pemerintah Inggris yang menolak mengekstradisi Gary McKinnon, seorang hacker yang membobol sistem keamanan NASA dan Pentagon. Seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (17/10/2012),  kasus ini adalah kasus pembobolan sistem militer terbesar yang pernah terjadi.
“AS merasa kecewa dengan keputusan Inggris untuk menolak ekstradisi Garry McKinnon,” ujar Juru Biacara Kementerian Luar Negeri AS, Victoria Nuland. Meski begitu, Nuland menyebut hal ini tak akan mempengaruhi hubungan AS dan Inggris.
“Masalah ini tidak akan mempengaruhi hubungan antara Amerika Serikat dan Inggris. Kami memiliki aliansi yang luar biasa dan jelas akan dilanjutkan di semua sektor," lanjut Nuland.
Pemerintah AS mengatakan, McKinnon melakukan pembobolan lewat 97 komputer dari rumahnya di London selama setahun, mulai bulan Maret 2001. Dia dituduh membobol sistem komputer militer, NASA, dan jaringan sipil. Pihak berwenang di AS sudah siap menjatuhkan sanksi maksimal 10 tahun penjara dan denda USD250 ribu bagi McKinnon.
Pemerintah Inggris, mengatakan, mereka menolak permintaan AS untuk mengekstradisi McKinnon, karena adanya resiko tinggi yang berangkutan untuk melakukan bunuh diri. Dengan keluarnya putusan ini, maka McKinnon telah memenangkan pertarungan hukum selama satu dekade guna menghindari persidangan di AS. [khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]