Konflik Rohingya dan Rakhine Meluas

khoirunnisa-syahidah.blogspot.com - YANGON, -Konflik antara Suku Rohingya dan Rakhine menyebar ke wilayah barat Myanamar. Juru bicara Suku Rakhine Myo Thant mengatakan, Rabu (24/10), bentrokan antara Rohingya dan Rakhine dilaporkan telah meluas hingga melanda kota-kota pesisir, seperti Kyaukphyu dan Myebon.
Hingga saat ini, konflik yang terjadi sejak beberapa hari silam masih berlangsung. Akibatnya, konflik terbaru yang menelan tiga korban jiwa itu juga mengakibatkan puluhan lain terluka. Diperkirakan jumlah korban tewas dan terluka bertambah. Sayangnya, Myo enggan memberikan keterangan tambahan mengenai hal ini.
Terkait kekerasan Rohingya pemerintah Myanmar dinilai gagal menemukan solusi jangka panjang. ASEAN pun diminta turun tangan membantu konflik Myanmar.
ASEAN dan utamanya Indonesia, Malaysia, serta Brunei Darussalam sebagai negara berpenduduk muslim, sepatutnya mengambil prakarsa serius untuk menghentikan situasi kelam yang diciptakan untuk merenggut nyawa dan memberangus etnis muslim Rohingya secara barbar.[ACH/LIP/khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]