RUU Kamnas bisa ciptakan Guantanamo kompleks

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/10/04/98387/540x270/ruu-kamnas-bisa-ciptakan-guantanamo-kompleks.jpgkhoirunnisa-syahidah.blogspot.com - RUU Kamnas terus menuai kritik tajam. Pasalnya, dalam draf RUU Kamnas tersebut belum disebutkan secara tegas tentang batasan-batasan ancaman nasional. Sehingga dimungkinkan mengancam kebebasan pers karena mengembalikan fungsi intelijen seperti di era Orde Baru.

Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo menilai jika RUU Kamnas tersebut jadi disahkan sebagai undang-undang maka akan menciptakan Guantanamo Kompleks. Yang mana kondisi hak warga negara diabaikan dan dilanggar atas dasar keamanan nasional serta mengancam insan pers termasuk wartawan.

"Kondisi di mana setiap orang tidak punya status legal dan hukum, ini kondisi ekstrim dari munculnya UU seperti ini. Ini terjadi di Amerika dan Prancis," kata Agus Sudibyo saat dihubungi, Jakarta, Kamis (4/10).

Agus menjelaskan, istilah Guantanamo Kompleks adalah memposisikan lembaga eksekutif yang bisa berlaku dan bertindak sebagai legislatif dan yudikatif. Di mana setiap saat bisa memutuskan dan melakukan tindakan secara langsung terhadap siapa pun dengan alasan keamanan nasional.

"Setiap orang bisa kapan saja ditangkap dengan alasan keamanan nasional," tegas Agus.

Sedangkan, terkait terancamnya kebebasan pers, menurut Agus, dalam RUU Kamnas ini pers bukan menjadi isu utama dan salah satu bagian yang dibahas spesifik.

"Namun sangat berkaitan dengan wartawan yang mobilitasnya tinggi akan sangat mungkin menjadi korbannya. Nah, dalam konteks RUU ini, wartawan adalah kelompok yang paling riskan terkena dampaknya karena akan mudah dijerat dengan RUU ini," tegas Agus.

"Karena wartawan itu kan bisa menembus nara sumber yang polisi enggak bisa menembusnya. Dengan alasan itu insan pers bisa diindikasikan dan setidaknya sangat berpotensi disadap, bahkan ditangkap," tandasnya.[merdeka.com/www.globalmuslim.web.id/
khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]