Sepertiga Penduduk Israel Miskin

khoirunnisa-syahidah.blogspot.com - Baru-baru ini Biro Pusat Statistik Israel mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa angka kemiskinan di Israel semakin meningkat secara signifikan dan mengancam kelas menengah.

Menurut data Biro tersebut, sebanyak 31% dari penduduk Israel pada tahun 2010 hidup di bawah garis kemiskinan, dibandingkan dengan tahun 2000 yang hanya 27%. Ini merupakan peningkatan terbesar dibadingkan dengan negara-negara Uni Eropa.

Dibanding Uni Eropa, Israel menempati angka yang memprihatinkan. Di negara Uni Eropa, persentase warga yang diklasifikasikan beresiko miskin hanya sebesar 16%.

Bahkan jika dibandingkan dengan Yunani dan Spanyol juga yang tengah mengalami tekanan ekonomi, angka kemiskinan di Israel tetap jauh lebih tinggi dari kedua negara tersebut. Yunani memiliki 20% resiko kemiskinan penduduknya, sementara Spanyol sebanyak 21%.

Pemerintah Israel juga telah menyaksikan aksi protes dan demonstrasi pada awal tahun ini, yang menuntut perbaikan kondisi kehidupan yang lebih baik dan kenaikan gaji.

Secara rinci, sebanyak 20% warga Israel telah digolongkan ke dalam rakyat miskin, atau sebanyak 1,77 juta jiwa. Sedangkan 11% lainnya memiliki resiko kemiskinan. Demikian dilansir Aljazeera (19/10/12).* [khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]