Sektor Pertanian Gaza Alami Kerugian Hingga 100 Juta Dolar


palestinasyahidah.web.id - DEPARTEMEN Pertanian di Gaza menyerukan kepada media untuk fokus juga terhadap kerugian yang dialami sektor pertanian. Kerugian yang terhitung melebihi 100 juta dolar, terutama pada lahan budidaya yang terkena sasaran serangan Zionis Yahudi.
Masih menurut kementerian pertanian dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (17/11/2012), selain kerugian yang dialami sektor pertanian. Kerugian juga dirasakan nelayan Palestina, diperkirakan mencapai lebih dari 15 juta dolar. Israel juga menargetkan sektor-sektor pengisi daya ketahanan pangan bagi rakyat Palestina di Jalur Gaza.
Kementerian juga meminta menteri pertanian Arab untuk mengunjungi Gaza, untuk mengenali lebih dekat dengan kondisi sektor pertanian yang terus menerus menjadi sasaran serangan Israel.
Hal ini juga menegaskan bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang mengalami dampak paling parah dari agresi Israel yang tak berkesudahan di Gaza.
Ini menunjukkan bahwa Israel menargetkan dalam agresi ini, untuk menguasai secara sistematis wilayah tanah pertanian, sumur dan fasilitas pertanian serta pelabuhan dan kelautan.
Kementerian menekankan bahwa serangan terhadap sektor pertanian yang tidak ada hentinya ini akan mengancam persediaan makanan Palestina. Tentu saja hal ini akan menimbulkan kerugian material yang berat bagi petani, mengingat bahwa kerugian dari sektor pertanian selama perang Furqon saja melebihi setengah miliar dolar.
Kementerian memperingatkan bahwa sejumlah besar rudal Israel mengandung bahan peledak dan zat beracun yang dapat merusak tanah pertanian dan lapisan air dalam tanah. [hf/islampos/pic/www.syahidah.web.id]