Suriah, Serangan Bom Curah ‘Tewaskan 10 Anak’


syahidah.web.id - Para aktivis oposisi Suriah mengatakan pesawat tempur pemerintah menjatuhkan bom curah di lapangan di desa yang dikuasai pemberontak dan menewaskan 10 anak pada Minggu, 25/11.
Mereka mengatakan anak-anak bermain di luar rumah ketika pertempuran mereda tetapi tiba-tiba pesawat tempur MiG mengebom lapangan di desa Deir al-Asafir, sekitar 12 kilometer dari ibukota Suriah, Damaskus.
“Tak seorang pun yang tewas berusia di atas 15 tahun,” kata Abu Kassem, seorang aktivis setempat seperti dilaporkan kantor berita Reuters.
“Tidak ada pejuang di Deir al-Asafir ketika terjadi pengeboman. Mereka beroperasi di wilayah pinggiran. Ini merupakan pengeboman membabi-buta,” tambahnya.
Wartawan BBC di Beirut Jim Muir melaporkan rekaman video yang diperlihatkan oleh para aktivis Suriah menunjukkan jenazah-jenazah anak-anak di lapangan. Para ibu terlihat sangat terpukul dan sejumlah korban luka dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Pangkalan udara

Rekaman lain menunjukkan adanya bom-bom curah kecil di atas tanah.
“Selama beberapa bulan terakhir semakin banyak tuduhan yang muncul bahwa rezim berkuasa menggunakan bom curah pada saat konflik memanas, meskipun pemerintah membatah tuduhan itu,” lapor Jim Muir.
Serangan di Deir al-Asafir terjadi setelah pasukan pemberontak merebut bagian dari pangkalan udara di Marj al-Sultan, tidak jauh dari Deir al-Asafir.
Pemberontak menyebarkan video yang menunjukkan petempur oposisi mengelilingi helikopter. (bbc/www.syahidah.web.id)