Ucapan Terbaik Orang Beriman

khoirunnisa-syahidah.blogspot.com - Hasbunallah Wa’nimal Wakil Ni’mal Maula Wa’niman Nashir

Merupakan salah satu ucapan terbaik orang-orang beriman.
Ucapan tersebut diabadikan pada surat Ali Imran:173
‘Cukuplah Allah SWT menjadi Penolong kami dan Allah SWT adalah sebaik-baik Pelindung”

Kepada Muhammad SAW ketika orang-orang mengatakan kepadanya: ‘orang-orang telah berkumpul untuk menyerangmu, maka takutlah.’
Namun hal itu bukannya menjadikannya takut, sebaliknya semakin menambah imannya, beliaupun bersabda, ‘Hasbunallahu wa ni’mal wakiil.’ (HR An-Nasaa’i)

Ibnu Katsir selanjutnya menjelaskan bahwa kalimat ini juga diucapkan oleh ‘Aisyah rodhiyallahu anha ketika ia mengenang pertolongan Allah SWT terhadapnya disaat kabar bohong tentang dirinya beredar. (An-Nuur:11-26)

Kalimat ini juga diucapkan oleh Nabi Ibrahim AS waktu di lempar ke dalam kobaran api dan atas izin Allah SWT maka api yang panas itu dingin seketika.

Begitu juga saat Nabi Muhammad SAW perang Uhud & Allah pun menolongnya.
Sungguh satu kalimat yang sarat makna dan bukti yang luar biasa.

Saat Nabi Musa melihat lautan di depan matanya dan saat musuh mengejar di belakangnya, maka Nabi pun berkata: Sekali-kali tidak akan tersusul, “Sesungguhnya Rabbku bersamaku kelak Dia yang akan memberi petunjuk kepadaku” (Qs.AsySyuara:62) dan dengan izin Allah beliau selamat.
Banyak kalimat dalam Al Qur’an yang menyebutkan berpasrah dan percaya akan kebesaran Allah SWT, karena sebagai muslim sudah seharusnya kita mengembalikan semuanya kepada Allah SWT untuk segala permohonan, karena Allah adalah yang Maha Besar dan Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Bisa disimpulkan bahwa ucapan hasbunallah wa ni’mal wakiil diucapkan oleh para Nabi dan orang-orang beriman ketika mereka menghadapi cobaan besar atau fitnah yang berat.

Ucapan tersebut merupakan salah satu bentuk pengamalan tauhid, bahwa hanya kepada Allah SWT sajalah orang-orang beriman itu harus bertawakal. Dengan demikian, segala rasa takut terhadap manusia menjadi pudar ketika orang-orang beriman berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT semata.

Maka ucapkanlah kalimat:
“Hasbunallah wa ni’mal wakil”
nanti engkau akan tahu jawabannya..[khoirunnisa-syahidah.blogspot.com]