Untuk Apa Amerika-Israel Gelar Latihan Gabungan ‘Austere 2012’?



syahidah.web.id - OPERASI Austere 2012, latihan militer terbesar Amerika Serikat-Israel telah dimulai. Operasi militer terbesar ini konon menelan dana sedikitnya satu miliar dolar, hanya dalam waktu tiga minggu. Menurut laporan Islamtimes, latihan gabungan ini melibatkan partisipasi lebih dari 3500 tentara Amerika dan 1000 tentara Israel.

Operasi Austere dilakukan sebagai persiapan untuk menghadapi beberapa skenario besar, di antaranya:  krisis Suriah, ancaman nuklir Iran, dan ancaman strategis dari Gerakan Perlawanan Lebanon, Hizbullah.
Latihan gabungan Amerika Serikat-Israel, yang seharusnya dilakukan musim semi lalu, akan menguji respon dari sistem pertahanan rudal udara terhadap beberapa serangan yang mungkin mengancam. Sistem ini meliputi “Panah,” yang dirancang untuk menghadang rudal Iran, Iron Dome, yang dirancang untuk mencegat roket jarak pendek yang mungkin diluncurkan oleh Hizbullah dan para pejuang Palestina, serta amunisi udara dan kapal pertahanan rudal balistik Aegis.
Bersamaan dengan latihan gabungan Amerika Serikat-Israel, Federasi Rusia juga mengadakan latihan militer di beberapa daerah di Utara Rusia. Militer Rusia berusaha menampilkan senjata konvensional untuk mensimulasikan perlawanan terhadap ancaman nuklir.
Beberapa minggu sebelum Rusia menggelar latihan militer, Hizbullah telah menguji sebuah pesawat tak berawak buatan Iran, “Ayoub,” selama tiga jam. Ayoub berhasil terbang sejauh ratusan kilometer hingga masuk wilayah udara Israel, dan menghindari sistem radar yang paling canggih milik Israel yang di buat oleh Amerika Serikat. Berdasarkan laporan beberapa surat kabar, “Ayoub,” mampu mengambil gambar dari pangkalan militer Israel. [sm/islampos/it/www.syahidah.web.id]