Alhamdulillah 2.300 Warga Suriah Bebas Ditukar Dengan 48 Warga Iran


www.syahidah.web.id - Pejuang Suriah  bebaskan  48 warga Iran yang ditangkap pada bulan Agustus lalu dan telah dilakukan pertukaran dengan lebih dari 2.000 narapidana warga Suriah yang ditahan oleh pemerintah rezim Assad. Termasuk beberapa wanita di antara para tahanan dibebaskan dalam pertukaran untuk 48 sandera Iran

Empat puluh delapan warga Iran yang disandera oleh pejuang Suriah selama lima bulan telah tiba di sebuah hotel Damaskus dan  dibebaskan dengan pertukaran tahanan sebanyak  lebih dari 2.000 warga tahanan rezim Assad.
Iran, mengklaim para warga Iran itu adalah “peziarah”  yang akan mengunjungi salah satu tempat suci Syiah di Damaskus yaitu tempat Makamnya Zainab , tetapi menurut investigasi pejuang Suriah, warga Iran itu adalah jelas jelas anggota Pengawal Revolusi pendukung pasukan Rezim Suriah. tidak ada masuk akal ada turis dalam pertempuran. Perlu diketahui Iran adalah sekutu terdekat Assad.
Kesemua tahanan terlihat tampak  kelelahan pada Rabu kemarin , dan terlihat beberapa dari mereka terlihat menangis, lapor kantor berita AFP
Sedangkan Tahanan Iran , selepas mereka bebas, mereka disambut oleh bunga Lili putih sebagai lambang orang yang bebas dan mereka ditunggu langsung oleh diplomat Iran.
Pertukaran tahanan pada hari Rabu merupakan yang terbesar terjadi dalam 21 bulan konflik berdarah Suriah.
Beberapa sumber, termasuk seorang juru bicara pejuang Suriah dan pejabat Iran, mengatakan bahwa pertukaran tersebut dimediasikan oleh Turki dan Qatar.
Sebelumnya pada hari Rabu, lembaga kemanusiaan Turki IHH bahwa pemerintah Suriah akan membebaskan 2.130 tahanan dalam pertukaran untuk Iran.
Bulent Yildirim, ketua IHH, berada di Damaskus untuk membantu menegosiasikan kesepakatan.
“Ini adalah hasil dari diplomasi sipil yang dilakukan oleh organisasi kami,” kata Serkan Nergis, juru bicara IHH,.(Dz/Al Jazeera/ermus/www.syahidah.web.id)