Guru Besar UI: DPR dan Parpol seperti Perampok!

Guru Besar Universitas Indonesia - Prof DR, Iberamsyahwww.syahidah.web.id - Jakarta – : Meski jumlah partai politik (parpol) yang lolos ikut Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 semakin berkurang, namun pertarungan parpol menghadapi pemilu nanti akan berat. Sebab, kepercayaan rakyat terhadap parpol kian punah. 
Demikian dikatakan pengamat politik yang juga Guru Besar Ilmu Politik dari dari Universitas Indonesia, Prof. DR. Iberamsjah. Menurut dia, pertarungan antara parpol akan semakin berat, karena masyarakat sudah tidak lagi percaya dengan anggota DPR dan parpol.
“Bukan hanya bersaing dengan sesama parpol tetapi susah bersaing untuk meyakinkan rakyat,” kata Prof Iberamsjah seperti dikutip Inilah.com, di Jakarta, Minggu (6/1/2013).
Guru Besar Universitas Indonesia – Prof DR, Iberamsyah
Guru Besar UI tersebut menegaskan, punahnya kepercayaan rakyat kepada parpol adalah akibat ulah para politikus busuk yang semakin rakus serta maraknya tindak kejahatan korupsi yang diperbuat oleh anggota DPR. Sehingga pada akhirnya rakyat menilai parpol dan anggota DPR sebagai perampok.
“Partai politik sekarang sudah seperti perampok. Jadi sama halnya seperti DPR yang rampok dan parpolnya itu perampok,” tegas Prof. Iberamsjah.
Untuk itu, Pemilu 2014 dikhawatirkan mengurangi animo publik untuk ikut berperan-serta dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Dia meminta parpol harus ekstra kerja keras untuk meyakinkan rakyat agar ikut mensukseskan pemilu nanti.
“Yang saya takutkan masyarakat yang ikut pemilu tidak sampai 50%,” tandas Prof. Iberamsjah. [KbrNet/adl/www.syahidah.web.id]