Kampanye Anti Cadar, Beredar Foto ‘Wanita Bercadar’ Merokok dan Minum Minuman Keras

www.syahidah.web.id - Sebuah foto yang menampakkan beberapa orang yang berkumpul sambil mengenakan pakaian Muslimah dan bercadar tersebar. Sekilas keadaan mereka sepertinya biasa saja. Namun, ketika kita lebih jelas melihatnya, ternyata mereka tengah meminum minuman keras dan juga merokok
“Foto ini akan segera menyebar luas dalam beberapa jam mendatang, seperti api yang kuat membakar. Mereka itu laki-laki bukan perempuan.”  Demikian keterangan Fanspage Wikileaks Documents berbahasa Arab yang mengunggahnya pada Sabtu (25/7/2015).
Wikileaks juga mengatakan, “Ini adalah aksi yang dilakukan sekelompok laki-laki yang sedang menentang adanya cadar di Eropa. Mereka ingin segera dikeluarkan undang-undang yang melarang pengenaan cadar bagi minoritas Muslim. Gerakan ini banyak dilakukan di Prancis dan Austria.”
Menurut Wikileaks, para penentang cadar itu banyak menyebar di jalanan, meminum minuman keras dan merokok di kafe-kafe. Tujuan mereka adalah memberikan pesan negatif tentang cadar.
Sejak beberapa tahun terakhir, pelarangan cadar di Eropa memang telah menuai pro dan kontra. Perlakuan diskriminasi yang dilakukan pemerintah dan sebagian masyarakat ini masih menuai protes kaum Muslim karena dianggap melanggar kebebasan beragama terutama dalam berpakaian.[www.syahidah.web.id]