Sering makan ikan bisa kurangi risiko depresi

Sering makan ikan bisa kurangi risiko depresiwww.syahidah.web.id -  Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sering makan ikan bisa menurunkan risiko depresi. Dalam analisis mereka, para peneliti meninjau 26 studi yang melibatkan 150.278 orang, yang menguji hubungan antara depresi dan makan ikan.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi ikan memiliki risiko 17 persen lebih rendah terkena depresi, dibanding mereka yang makan lebih sedikit ikan.

Seperti dilansir Livescience (10/9), ketika para peneliti menganalisis semua data berdasarkan gender, mereka menemukan bahwa pria yang sering makan ikan memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena depresi dibandingkan mereka yang jarang makan ikan. Pada wanita, risiko depresi berkurang menjadi 16 persen, dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi lebih sedikit ikan.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah hubungan antara risiko depresi dan konsumsi ikan bervariasi sesuai dengan jenis ikan yang dikonsumsi, kata para peneliti. Studi terbaru ini telah diterbitkan di Journal of Epidemiology & Community Health.